Gus Yaqut: 700 Ribu Calon Jemaah Haji RI Lansia, Saudi Siapkan Kuota Khusus

Jamaah Haji Diminta Tidak Beraktivitas Berlebihan

banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Menteri Agama Yaqut Cholil mengungkap data bahwa jemaah haji Indonesia mayoritas adalah lansia. Jumlahnya bahkan fantastis, namun hingga kini masih terbentur regulasi di Saudi.

Bacaan Lainnya

Haji tahun 2022 ini Saudi hanya memperbolehkan jemaah maksimal usia 65 tahun. Sehingga, di atasnya, tak bisa berangkat dan membuat antrean jemaah lansia makin panjang.

“Saya sampaikan pada waktu ketemu dengan Menteri Haji (Saudi) itu saya sampaikan, jemaah lansia Indonesia antreannya mencapai 700 ribu jemaah. Jadi, kalau mereka dibatasi sampai 65 tahun seperti tahun ini, mereka kasihan yang 700 ribu itu,” kata Gus Yaqut di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (15/8).

Bagi Gus Yaqut, harus ada solusi dari pemerintah Saudi dari membengkaknya jemaah haji lansia Indonesia itu. Kini, sudah ada janji dari Saudi untuk memberikan kuota khusus.

“Mereka (Saudi) menjanjikan insyaallah ada kuota khusus untuk lansia, tapi nanti akan kita bicarakan secara detail di task force yang kita bicarakan ini, yang kita bikin ini,” – Gus Yaqut.

Lebih jauh, tim teknis Kemenag ditegaskan Yaqut sudah bekerja membahas kuota khusus lansia itu. Gus Yaqut berharap kuota haji tahun depan sudah normal.

“Ini sudah mulai bekerja, tim teknis sudah mulai bekerja di Saudi sana untuk bicara teknis dengan kementerian haji,” tandas Gus Yaqut.

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.