Sangat Menarik! Gus Baha Ungkap Problem Negara saat ini

Gus Baha Ungkap Problem Negara
Gus Baha Ungkap Problem Negara

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id Gus Baha merupakan seorang ulama yang alim yang menguasai literatur bahasa Arab dengan sangat baik. Tidak hanya itu, beliau pun dikenal dengan ulama yang pandai menyampaikan pesan-pesan agama dengan mudah dipahami.

Dalam salah satu tayangan video yang diunggah akun Facebook Ngaji Online, pada 14 Januari 2021, Gus Baha menjelaskan tentang problem negara yang dihadapi oleh kita semua.

Bacaan Lainnya

Menurut beliau, yang menjadi problem bagi negara pada saat ini adalah banyak orang yang sebetulnya tidak tahu tetapi merasa paling tahu. Sehingga saat ditanya terkait sesuatu semuanya menjawab.

Gus Baha mencontohkan misalnya ketika ada pertanyaan bagaimana untuk meratakan ekonomi rakyat. Sebagian menjawab dengan cara pemindahan ibu kota. Dan yang lain dengan cara sentralisasi di Jawa agar ada Universitas pavorit, ilmuwan-ilmuwan yang mahir di bidangnya, dan lainnya.

Menurut beliau dalam video pendek itu alangkah baiknya kita menjadi seseorang yang tidak mudah mengatakan sesuatu, apalagi jika itu bukan keahlian kita. Lebih baik diam jika memang kenyataannya kita bukan mahir dalam suatu hal.

Gus Baha juga memberi contoh lain di mana di pesantren-pesantren ada ijazah tentang mahabbah (cinta) padahal yang diijazahi orang-orang sepuh. Atau diijazahi ilmu laduni, padahal yang diijazahi tidak naik-naik kelas. Sebaiknya menurut beliau, bila memang kita tidak tahu tinggal bilang saja tidak tahu.

Itulah pesan Gus Baha soal persoalan negara saat ini. Bahwa pada intinya, banyaknya rumus tentang sesuatu sehingga membuat masyarakat bingung dalam menentukan suatu hal karena banyaknya orang yang aslinya tidak paham terhadap persoalan tetapi ikut berkomentar.

Wallahu A’lam.[]


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.