WAJIB TAHU! Ini 4 Amalan Penerang Dan Penyelamat Dari Siksa Kubur

Amalan Penerang Dan Penyelamat Dari Siksa Kubur
Amalan Penerang Dan Penyelamat Dari Siksa Kubur

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.id Amalan shalih akan menjadi penolong ketika sudah meninggal dunia melalui timbangan amal shalih.

Terdapat pula amalan yang bisa menjadi penerang dan penyelamat dari siksa kubur wajib dikerjakan setiap Muslim.

Bacaan Lainnya

Abu Laist As-Samarqani dalam kitab ‘Tanbihul Ghafilin’ menjelaskan ada beberapa amalan yang menjadi penerang dan penyelamat dari siksa kubur.

Ini tentu sangat penting dikerjakan oleh kaum Muslimin.

Berikut penjelasan terkait amalanamalan tersebut, sebagaimana dihimpun dari unggahan akun Facebook Vloger.

1. Menjaga sholat lima waktu

Sholat merupakan kunci utama bagi umat Islam. Hal ini penting karena perintah sholat merupakan perintah langsung dari Allah Subhanahu wa ta’ala. kemudian sholat juga menjadi pembeda dengan orang-orang kafir.

Orang-orang yang menjaga sholatnya akan menjadi penerang baginya kelak di alam kubur. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

“Sholat adalah cahaya, sedekah merupakan bukti nyata, sabar itu sinar, dan Alquran adalah pembelamu dan penuntutmu.” (HR Muslim)

2. Memperbanyak membaca Alquran

Alquran adalah kitab suci dan pedoman umat Islam. Apabila memperbanyak membacanya maka akan mendapat beberapa keutamaan, yaitu penolong di hari kiamat, penerang di alam kubur, dan terbebas dari siksa api neraka.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

“Bacalah Alquran karena sesungguhnya di hari kiamat nanti ia akan menjadi syafaat kepada orang-orang yang mengikutinya.” (HR Muslim)

3. Memperbanyak sedekah

Berbagi atau bersedekah merupakan ibadah sosial yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah bisa menjadi penerang di alam kubur, karena merupakan salah satu amal yang dilakukan acaranya terus mengalir meskipun sudah meninggal.

“Jika anak cucu Adam meninggal, maka semua amal perbuatannya terputus kecuali tiga hal. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan orangtuanya.” (HR Muslim)

Sedekah bukan hanya menjadi penerang di alam kubur, tapi juga sebagai penolong siksa alam kubur. “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR Ath-Thabrani)

4. Memperbanyak membaca tasbih

Orang yang selalu berzikir, bertasbih dan bertahlil maka dirinya akan selalu terhubung kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, ia akan meraih cinta dna kasih sayang dari Allah Azza wa Jalla. Salah satu kasih sayang dari-Nya adalah mendapat penerangan di alam kubur dan kebebasan dari siksa neraka.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: “Tasbih dapat meringankan siksa kubur. Dua kalimat yang dicintai oleh Ar-Rahman, ringan diucapkan di lisan, namun berat di dalam timbangan (amalan) yaitu Subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil’azhim (Maha Suci Allah, segala pujian untukNya. Maha Suci Allah yang Maha Mulia).” (HR Bukhari dan Muslim)

Allahu a’lam bisshawab.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.