Sangat Inspiratif! Inilah Kata-kata Bijak Cak Nun tentang Kehidupan

kata Bijak Cak Nun
kata Bijak Cak Nun

banner 800x800

banner 400x400

“Engkau bisa mencintai meskipun tanpa cinta”

Hajinews.id Muhammad Ainun Nadjib atau biasa dikenal Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun atau merupakan salah satu tokoh muslim Indonesia yang sangat inspiratif. Ia aktif memberikan ceramah-ceramah keagamaan dan motivasi di banyak kesempatan.

Materi-materi ceramahnya yang santai namun tetap berbobot dan mendalam, membuat para pendengarnya merasa sangat kagum. Berikut adalah kata-kata bijak Cak Nun tentang kehidupan yang penting kamu tahu.

  1. Cinta bukanlah bertahan seberapa lama. Tetapi seberapa jelas dan ke mana arahnya.
  2. Salah satu unsur cinta dewasa adalah empati. Kalau kekasih kita haus, kita yang gugup mencarikan air minum. Kalau kekasih kita terluka, perasaan kita yang mengucurkan darah.
  3. Engkau bisa mencintai meskipun tanpa cinta.
  4. Salah satu unsur cinta dewasa adalah empati. Kalau kekasih kita haus. Kita yang gugup mencarikan air minum. Kalau kekasih kita terluka. Perasaan kita yang mengucurkan darah.
  5. Hanya sunyi, yang sanggup mengajarkan kita, untuk tak mendua.
  6. Anak-anak muda tak bisa hanya menggantungkan diri akan jadi pegawai negeri, pembengkakan populasi penduduk akan makin berbanding terbalik dengan penyediaan lapangan kerja, jadi yang akan tegak hidupnya adalah orang-orang yang bermental wiraswasta, yang tidak priyayi, yang ulet dan bersedia bekerja keras.
  7. Yang lebih kalian cari bukanlah kebaikan melainkan kekayaan, yang lebih kalian buru bukanlah keluhuran melainkan kenyamanan, dan pada posisi seperti itu kalian selalu merasa lebih tinggi derajat dibanding orang kecil.
  8. Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah?
  9. Peraturan dan undang-undang tidak slalu sama dengan keadilan, ia bahkan bisa saja bertentangan dengan prinsip keadilan. Undang-undang memiliki relativitasnya sendiri dan tidak mutlak sebagaimana firman Tuhan.
  10. Hidup ini bukan kamu sukses atau tidak, bukan menang atau kalah. Tapi Hidup didunia ini apakah kamu bertahan berjuang bergantung pada Allah dalam keadaan apapun juga.
  11. Jangan paksa orang untuk mencintaimu. Tagihlah dirimu untuk mencintai siapapun.
  12. Tidak apa-apa kalau ilmu agamamu masih pas-pasan, itu malah membuatmu menjadi rendah hati. Banyak orang yang sudah merasa tahu ilmu agama, malah menjadikannya tinggi hati.
  13. Menyepi itu penting, supaya kamu benar-benar bisa mendengar apa yang menjadi isi dari keramaian.
  14. Dakwah yang utama bukan berupa kata-kata. Melainkan dari perilaku. Orang yang berbuat baik sudah berdakwah
  15. Dunia ini masih dipimpin oleh orang yang lebih memilih kenyang meskipun dijadikan budak, dari pada lapar tapi bertahan harga dirinya.[]

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.