Miris! Ferdy Sambo Viral, Megakorupsi Apeng Tenggelam


banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id — Ratusan juta pandangan mata penduduk Indonesia tengah terfokus pada kasus pembunuhan Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). Terlebih saat ini Irjen Ferdy Sambo (FS) ditetapkan sebagai tersangka. Kasus langka ini memang luar biasa menyita perhatian publik, hingga mampu menutupi perkara lainnya yang tidak kalah besar.

Ada kasus hukum yang kini sedang ditangani Kejaksaan Agung yang tak kalah heboh, yaitu perkara megakorupsi Rp78 triliun, dengan tersangka Surya Darmadi alias Apeng.

Bacaan Lainnya

Bos minyak goreng Palma itu ternyata licin. Karena sejak buron tahun 2019, sampai kini dia masih bebas melenggang entah di mana. Baik KPK maupun Kejaksaan Agung dibikin repot. Konon Apeng ada di Singapura. Tapi pihak Singapura justru membantah. Megakorupsi yang melibatkan Surya Darmadi memang luar biasa.

Kasus ini disebut terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. Dia dianggap merugikan negara sebesar Rp78 triliun sejak dalam proses perizinan hingga penggunaan lahan di Indragiri, Riau, sejak 2004 atau 18 tahun.

Mengapa kasus Apeng tenggelam kalah viral dibanding kasus FS yang begitu mengguncang ? Padahal perkaranya menyangkut duit rakyat. Dana Rp78 Triliun itu bukan sedikit. Namun agaknya perhatian publik dan perhatian petinggi negara terfokus pada kasus Sambo.

Bahkan Presiden Jokowi pun sampai 4 kali menyentil Polri dalam kasus ini. Menko Polhukam Mahfud MD, juga lantang. Masyarakat dunia maya maupun dunia nyata juga aktif mengawal dan memantau kasus ini.

Begitu viralnya kasus yang menimpa Brigadir J, hingga rakyat kelas bawah pun hapal betul dengan nama Ferdi Sambo. Di warung-warung kopi, di kafe atau di warteg, obrolan warga masih seputar kasus penembakan Brigadir J.

Tayangan televisi, maupun medsos juga diramaikan dengan kasus ini. Tapi coba tanya soal kasus Surya Darmadi alias Apeng, mereka geleng-geleng kepala tanda tidak tahu. Namun setelah diceritakan tentang kasus Apeng, malah terbelalak. ‘Ya ampun, gede banget tuh dana yang ditilep. Kok nggak ramai ya di tipi (televisi). Pejabat-pejabat juga gak ada yang nyentil kasus ini,” sebut satu warga dalam obrolan di sebuah rumah makan.

“Dulu Joko Tjandra bisa cepat ketangkep, kok ini (Apeng) sulit ditangkap ya. Dulu salah satu polisi yang ikut nangkep, ya Ferdi Sambo itu tuh,” sahut yang lain.

Agaknya, publik memang harus lebih kencang mengawal kasus Surya Darmadi. Jangan kalah viral dengan kasus Sambo. Jangan tenggelam. Supaya para petinggi negeri ini mendorong aparat hukum mengusut tuntas semua kasus korupsi yang banyak terbengkalai.(dbs)


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.