Hikmah Pagi : Arti Lailahailallah Wahdahula Syarikalah

(Ilustrasi berdoa. (pexels.com)

banner 800x800

banner 400x400

 

 

Bacaan Lainnya

 

Hajinews.id – Dzikir atau mengingat Allah merupakan amalan yang sudah selayaknya dilakukan seorang hamba kepada Tuhannya. Tak hanya dalam kondisi berduka saja, mengingat Allah juga harus dilakukan saat berbahagia.

Dzikir secara bahasa artinya mengingat dengan mengucapkan puji-pujian kepada Allah secara berulang-ulang. Dzikir menjadi amalan yang sangat dianjurkan, terutama dibaca pada waktu pagi hari.

Pagi adalah waktunya memulai segala aktivitas, sehingga sebaiknya diawali dengan bacaan dzikir. Dengan membaca dzikir pagi, seseorang akan senantiasa dilindungi dan diberkahi hidupnya oleh Allah SWT. Dzikir pagi juga merupakan amalan yang sangat dicintai oleh Rasulullah SAW.

Sementara di petang hari, umat Islam juga dianjurkan membaca dzikir petang agar terhindar dari godaan setan semalaman.

Salah satu bacaan dzikir yang dapat diamalkan adalah kalimat lailahailallah wahdahula syarikalah. Kalimat ini termasuk bacaan dzikir pagi dan petang yang mudah diamalkan. Selain itu, kalimat lailahailallah wahdahula syarikalah juga mengandung doa-doa yang baik, salah satunya doa agar bisa lancar melewati jembatan di hari kiamat.

Lailahailallah wahdahula syarikalah merupakan kalimat yang agung. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk membaca kalimat ini setiap pagi dan petang. Inilah mengapa kalimat ini menjadi bagian dari kumpulan dzikir pagi dan petang yang sangat dianjurkan.

Kalimat tersebut sebenarnya masih memiliki kelanjutan. Secara lebih lengkap, kalimat tersebut bersambung dengan kalimat lain, seperti ini bacaannya:

Lailahaillallah wahdahula syarikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumitu wahuwa ala kulli syai-in qadir

Arti dari kalimat doa ini adalah ” Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.”

Karena dianjurkan dibaca setiap hari, kalimat lailahaillallah wahdahula syarikalah rupanya memiliki manfaat yang luar biasa bagi pembacanya.

Berikut beberapa manfaat membaca kalimat tersebut:

Membaca kalimat lailahaillallah wahdahula syarikalah sebanyak 10 kali di pagi dan sore hari, maka Allah akan mencatat baginya 10 kebaikan, menghapuskan baginya 10 kesalahan, mendapat pahala semisal memerdekakan 10 budak, Allah melindunginya dari gangguan setan dan jin. Manfaat ini sesuai dengan hadis riwayat An-Nasai.

Menjaga diri dari gangguan setan selama seharian.

Amalan untuk menghapus dosa-dosa.

Dilimpahi kasih sayang Allah SWT.

Calon penghuni surga.

Memberikan ketenangan dan kedamaian pada jiwa.

Itulah beberapa manfaat dari membaca kalimat lailahaillallah wahdahula syarikalah. Mengamalkan dzikir pagi dan petang ibaratkan seperti seseorang memakai baju zirah yang akan melindungi diri dari serangan musuh. Artinya mengamalkan dzikir setiap hari akan membuat kita senantiasa dilindungi oleh Allah dari segala keburukan.

Tak hanya sebagai amalan dzikir pagi dan petang, kalimat lailahaillallah wahdahula syarikalah juga bisa menjadi doa agar dilancarkan saat melewati jembatan shiratal mustaqim.

Mengutip NU Online, sebagian ulama menyatakan bahwa doa ini dapat memuluskan perjalanan seseorang saat melewati jembatan sirath dengan selamat.

Dalam Buku Perukunan Melayu terbitan Alaydrus tercatat,

“ Barang siapa membaca doa ini (asyhadu an lailaha illallahu wahdahu la syarika lahu ilahan wahidan, wa rabban syahidan, la ma‘buda siwahu, wa nahnu lahu muslimun) tiap-tiap sehabis sembahyang fardhu, niscaya akan dimudahkan perjalanannya di atas shirath mustaqim.”

Tak hanya itu, kalimat lailahaillallah wahdahula syarikalah juga dijadikan sebagai doa sata terbangun dari tidur saat mengigau. Mengigau biasanya terjadi karena berbagai sebab. Bisa jadi karena mimpi buruk, tubuh kelelahan, maupun salah posisi tidur.

Ketika mengalami hal ini, dianjurkan membaca doa yang mengandung kalimat lailahaillallah wahdahula syarikalah. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Ibnu Majah dari Ubadah bin Shamit.

La ilaha illallah wahdahu lasyarikalah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadir. Alhamdulillah wa subhanallah wa la ilaha illallah wallahu akbar, wa la hawla wa la quwwata illa billah. Allahummaghfirli.

Artinya:
” Tiada Tuhan selain Allah, yang Esa, bagiNya kerjaan dan bagiNya segala puji dan Dia atas segala sesuatu berkuasa. Segala puji bagi Allah dan tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah. Ya Allah, ampunilah aku.”

Demikian itulah arti dan manfaat membaca kalimat lailahaillallah wahdahula syarikalah. Membacanya rutin setiap pagi dan petang akan menjadi amalan agar Allah senantian menjauhkan kita dari berbagai gangguan setan dan jin.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.