Survei Capres 2024: Elektabilitas Capai 30%, Prabowo Belum Tergoyahkan


banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id — Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024 berdasarkan survei terus mengalami peningkatan. Menteri Pertahanan itu masih bersaing ketat dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Survei terakhir Indonesia Polling Stations (IPS) pada 1-8 Agustus 2022 di 34 provinsi menempatkan Prabowo di posisi teratas sebagai capres pilihan masyarakat. Di bawah ketua umum Partai Gerindra itu ada Ganjar dan disusul Anies Baswedan di urutan ketiga.

Bacaan Lainnya

“Perkembangan elektabilitas kandidat calon presiden (capres) jelang Pilpres 2024, hasil survei IPS menegaskan bahwa jika pemilihan presiden (Pilpres) dilaksanakan saat ini, sebanyak 30,2 persen responden mengaku akan memilih Prabowo Subianto. Kemudian 19,8% responden menyatakan akan memilih Ganjar Pranowo, dan 18,9% akan memilih Anies Baswedan,” kata Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto dalam konferensi pers secara daring, Rabu (10/8/2022).

Dari survei itu juga ditemukan fakta bahwa selain kokoh di posisi pertama, Prabowo juga mengalami kenaikan elektabilitas. “Secara umum belum ada perubahan preferensi capres dibandingkan survei IPS sebelumnya. Hanya Prabowo Subianto yang mengalami peningkatan elektabilitas, sedangkan elektabilitas tokoh-tokoh lain cenderung stagnan,” jelas dia.

“Hasil survei IPS kali ini menegaskan bahwa untuk pertama kalinya elektabilitas Prabowo Subianto menembus angka 30%. Padahal selama ini Ketua Umum Partai Gerindra itu belum banyak melakukan gerakan di masyarakat dan dideklarasikan sebagai sebagai capres oleh komunitas-komunitas. Berbeda dengan kandidat lain yang sangat rajin bersolek di media sosial atau membuat deklarasi-deklarasi di akar rumput, Prabowo relatif senyap dari gegap gempita untuk menjadi capres,” lanjut dia.(dbs)


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.