Luar Biasa! Ibu Muda Ini Sukses Didik 11 Anaknya Jadi Penghafal Alquran, Ini Tipsnya


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Subhanallah, ibu muda ini sukses mendidik 11 anaknya jadi penghafal Alquran, dan mau berbagai tips jitu. Setiap orangtua Muslim pasti menginginkan anak-anaknya bisa membaca dan menghafal Alquran.

Bacaan Lainnya

Namun bukan perkara mudah untuk menghafal Alquran, terkadang orangtua harus memiliki tips dan trik sendiri yang efektif untuk anak agar cepat bisa serta tidak mudah lupa.

Mengajarkan cara menghafal Alquran pada anak bisa dilakukan sejak dini, terutama ketika mereka masih balita berusia di bawah usia 2 tahun.

Sebagaimana dilansir kanal YouTube Cinta Quran TV, seorang ibu bernama Wirianingsih berhasil mendidik 11 putra dan putrinya menjadi hafiz atau penghafal Alquran.

Ia pun membagikan beberapa tips agar anak bisa hafal Alquran1. Berikut ini tips yang dibagikan Wirianingsih saat mendidik anak-anaknya supaya bisa hafal Alquran. Simak selengkapnya.

1. Menyandarkan diri kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala

Tips pertama yaitu yakin kepada Allah Subhanahu wa ta’ala bahwa Anda dan sang buah hati bisa menjadi penghafal Alquran.

“Karena anak itu titipan jadi minta tolong sama Allah. Kok saya tiap tahun melahirkan, jadi orang kalau lihat saya itu gendong di dalam kalau gak gendong di luar. Alhamdulillah anak-anak sudah selesai 30 juz dan secara umum Allah beri karunia berprestasi,” kata Wirianingsih.

2. Bekerja sama dengan suami

Bekerja sama dengan suami dinilai penting, karena dalam mendidik seorang anak harus dibutuhkan juga bantuan dari seorang suami.

“Ini penting, karena pemimpin dalam rumah tangga itu adalah bapak. Istri pada dasar mengikuti visi bapak dan alhamdulillah klop Allah kasih. Dia sibuk dakwah tahu-tahu lihat sampai rumah anak-anak tuh udah pada pinter ngaji udah bisa baca quran hapalannya nambah,” jelas Wirianingsih

3. Membuat kurikulum

Langkah selanjutnya, buatlah kurikulum atau target-target yang harus dicapai oleh sang anak.

“Ada target-target yang harus dicapai misalnya anak kita umur 6 tahun harus sudah selesai membaca Alquran dengan bacaan dan tajwid yang benar,” tutur Wirianingsih.

4. Punya visi mengajarkan anak sendiri

Sebagai orangtua, Wirianingsih mengatakan jika dirinya memiliki visi untuk mengajarkan anak-anaknya baca dan mengajarkan Alquran.

“Jangan sampai anak-anak bisa baca Alquran di tangan orang lain. Jadi saya punya cita-cita baca tulis hitung dan baca quran di tangan ibunya sendiri jadi saya buat itu dari anak pertama sampai anak 11,” jelasnya.

5. Istikamah

Setelah semua dilakukan, hal yang tak kalah penting adalah istiqomah dan konsisten membaca dan menghafal Alquran.

Itulah beberapa tips yang dibagikan Wirianingsih untuk mendidik ke-11 anaknya menjadi penghafal Alquran. Semoga bisa menjadi inspirasi.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.