Hikmah Siang : Cara Mensyukuri Nikmat Allah menurut Islam


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Menjaga kebersihan dan menerapkan gaya hidup sehat adalah bagian dari cara mensyukuri nimat Allah.

Bacaan Lainnya

Banyak orang mengartikan rezeki hanya sebatas harta saja. Padahal nikmat Allah berupa rezeki banyak sekali bentuknya. Dalam Surat An-Nahl ayat 18 dijelaskan manusia tidak mampu menghitung nimat Allah SWT. Inilah mengapa manusia diharuskan untuk bersyukur.

Contoh nikmat yang diberikan Allah adalah kesehatan, oksigen gratis yang kita hirup, ketenangan hati, kebahagiaan keluarga dan keleluasaan dalam beribadah. Semua itu kemungkinan tidak dirasakan oleh seluruh orang di dunia ini. Contohnya saja, di negara yang penduduk Muslimnya minoritas, terkadang kesulitan untuk beribadah.

Namun demikian rupanya banyak orang yang tidak menyadari rezeki dan nikmat Allah, sehingga mereka kufur terhadap nikmat-Nya. Banyak cara mensyukuri nikmat Allah, salah satunya dengan mengucapkan kalimat tahmid ‘alhamdulillahi rabbil alamin’.

Akan tetapi tidak cukup hanya mengucap alhamdulillah, kita juga perlu melakukan cara-cara mensyukuri nikmat Allah lainnya. Lantas bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah SWT?

Berikut beberapa cara mensyukuri nikmat Allah yang perlu diamalkan, terutama bagi umat Islam.

Cara mensyukuri nikmat Allah yang paling mudah dilakukan adalah dengan lisan, salah satunya mengucapkan ‘alhamdulillah’.

Orang yang mensyukuri nikmat Allah, lisannya akan senantiasa memperbanyak dzikir dan kalimat tahmid sebagai pujian kepada Allah atas nikmat yang diberikan.

Membicarakan nikmat Allah kepada orang lain juga sebagai bentuk cara mensyukuri nikmat-Nya serta pengakuan atas kekuasaan-Nya. Sehingga membicarakan nikmat yang kita terima kepada orang lain bukanlah bagian dari sum’ah (pamer), sebab tidak ada dalil yang menyatakan bahwa mengucap syukur secara lisan adalah sum’ah dan riya’.

Cara mensyukuri nikmat Allah yang kedua adalah dengan hati yang bahagia. Hal ini dilakukan dengan cara mengakui serta meyakini bahwa semua nikmat yang dirasakan semata-mata datang dari Allah SWT. Bersyukur dengan hati akan membuat kita merasakan ketulusan dari nikmat yang telah Tuhan berikan selama hidup, termasuk nikmatnya iman, islam dan ihsan.

Cara mensyukuri nikmat Allah yang ketiga adalah dengan anggota tubuh. Maksudnya adalah kita menggunakan anggota tubuh kita untuk berbuat kebaikan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat-Nya. Anggota tubuh yang lengkap merupakan nikmat yang sangat luar biasa. Sehingga sudah sepantasnya kita memanfaatkannya untuk hal-hal kebaikan dan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Cara mensyukuri nikmat Allah yang tak kalah penting adalah dengan melakukan amal perbuatan. Bersyukur tidak hanya cukup dengan mengucap alhamdulillah saja. Melainkan perlu dilakukan dengan amal perbuatan termasuk menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Seperti beribadah wajib, sedekah, menjalankan amalan sunah, segala bentuk kebaikan lainnya.

Selanjutnya, cara mensyukuri nikmat Allah bisa dilakukan dengan memuji Allah SWT atas semua karunia yang sdiberikan. Cara bisa dilakukan dengan memperbanyak pujian, membaca kalimat dan asma Allah, serta menceritakan nikmat agar membuat kita lebih bersyukur.

Rajin dan taat menjalankan ibadah juga termasuk bagian dari cara mensyukuri nikmat Allah. Sebab dengan ibadah, berarti kita menunjukkan bahwa kita sedang berterimakasih kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan.

Nikmat kesehatan adalah nikmat yang tak kalah penting dalam hidup ini. Orang yang paling mampu menyadari nikmat kesehatan adalah orang yang sedang sakit. Sebab dia baru sadar betapa pentingnya nikmat kesehatan.

Inilah mengapa saat kita diberi kesehatan baik fisik maupun mental, kita harus rajin bersyukur dengan menerapkan pola hidup sehat agar terjaga kesehatan kita.

Menjalankan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan adalah cara untuk mensyukuri nikmat sehat di dalam Islam yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menghindari junk food, fast food, merokok, minum alkohol, terlalu banyak begadang, jarang olahraga, dan gaya hidup sehat lainnya.

Tak hanya membiasakan diri dengan pola hidup sehat, cara mensyukuri nikmat Allah juga perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan. Bahkan urusan kebersihan ini dihubungkan dengan iman, seperti pepatah yang menyatakan bahwa ‘kebersihan adalah sebagian dari iman’.

Menjaga kebersihan termasuk dari gaya hidup sehat. Dengan kondisi lingkungan yang bersih, kita juga akan lebih khusyuk dalam ibadah, bekerja, dan belajar.

Bnayak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan, seperti membuang sampah pada tempatnya, selalu membersihkan tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Siapa sangka perbuatan semudah senyuman bisa menjadi salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Allah. Senyuman bisa memberikan energi positif pada diri sendiri dan orang lain. Bahkan sebuah hadis menyebutkan bahwa senyum kepada orang lain adalah termasuk sedekah yang paling mudah dilakukan.

Cara mensyukuri nikmat Allah yang juga dapat kamu lakukan adalah dengan harta. Seperti belajar di sekolah atau mengikuti suatu les ketrampilan, bersedekah, donasi untuk kegiatan sosial, berjihad, membantu saudara yang membutuhkan, membangun masjid dan sarana pendidikan.

Dengan mengeluarkan harta untuk kegiatan-kegiatan tersebut, adalah bukti bahwa kita sangat bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang sudah Dia berikan untuk kita.

Itulah beberapa cara mensyukuri nikmat Allah yang dapat Sahabat Dream lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk bersyukur, beberapa di antaranya sudah kami jelaskan di atas.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.