Hikmah Malam : 4 Amalan Jariyah yang Dapat Dilakukan Sehari-hari


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Tahukah Anda bahwa ada beberapa amalan Jariyah yang dapat dilakukan sehari-hari?

Bacaan Lainnya

Amal Jariyah merupakan amalan yang mengalir terus menerus bahkan ketika sudah meninggal dunia. Maka dari itu, penting untuk melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain maupun bagi diri sendiri yang sesuai dengan syariat Islam.

Amalan Jariyah yang Dapat Dilakukan Sehari-hari

Amalan baik selalu dianjurkan kepada seluruh umat muslim. Manfaat dari Amal Jariyah akan terus ada dan manfaatnya bisa terus dirasakan oleh orang lain. Nah, berikut adalah beberapa Amalan Jariyah yang dapat dilakukan sehari-hari, penasaran?

Memberikan Ilmu yang Bermanfaat
Salah satu Amal Jariyah yang cukup mudah dilakukan namun pahalanya akan mengalir terus menerus adalah memberikan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain. Ilmu yang bermanfaat, bila diteruskan kepada orang lain, maka akan terus memiliki manfaat selama ilmu tersebut terus diingat dan bahkan disebarkan kembali oleh orang lain.

Anda bisa memberikan ilmu-ilmu sederhana baik kepada anak kecil, maupun kepada orang lain.

Memberikan Barang/Bersedekah
Dengan bersedekah, Anda sudah melakukan sebuah Amalan Jariyah. Jika Anda memiliki harta yang banyak, Anda bisa menyisihkan beberapa bagian untuk bersedekah, karena harta tersebut nantinya pasti akan bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan.

Anda bisa menyedekahkan harta barang yang bermanfaat, sehingga barang tersebut akan dipakai terus menerus dan tidak akan habis kedepannya.

Mendoakan Orang Tua
Mendoakan kedua orang tua merupakan kewajiban seorang anak. Dengan mendoakan kedua orang tua, Anda sudah berbakti kepada orang tua dan juga memberikan amalan baik kepada mereka.

Kelak suatu saat, jika Anda memiliki anak, maka Anda akan didoakan oleh anak Anda dan doa tersebut menjadi sebuah Amalan Jariyah. Dalam Hadits Riwayat Muslim sudah disebutkan, terdapat tiga amalan yang tidak akan terputus ketika manusia meninggal dunia, antara lain sedekah Jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh.

Menanam Pohon
Meskipun terdengar sepele, namun menanam pohon bisa menjadi sebuah Amalan Jariyah yang mudah untuk dilakukan. Anda bisa menanam pohon di depan rumah Anda dan merawatnya.

Ketika Anda meninggal dunia, pohon tersebut tentunya akan tumbuh semakin besar dan menjadi tempat bagi beberapa makhluk hidup. Selain itu, pohon tersebut juga bisa memberikan manfaat lain seperti sebagai tempat berteduh maupun dinikmati buahnya.

Itulah empat Amalan Jariyah yang dapat dilakukan sehari-hari dengan mudah.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.