Siap-siap! Menkeu Sri Mulyani Blak-blakan Soal Dampak Resesi Bagi Indonesia


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan resesi yang dialami Amerika Serikat (AS), pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang negatif serta perang Rusia-Ukraina turut menjadi tantangan tersendiri bagi perekonomian dunia, tak terkecuali Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menurutnya inflasi yang tinggi telah memicu berbagai bank sentral sejumlah negara untuk mengetatkan likuiditas, dan meningkatkan suku bunga.

“Maka dalam inflasi yang muncul karena pemulihan ekonomi tidak diikuti supply, ditambah disrupsi perang, dunia tidak baik-baik saja. Inflasi di berbagai negara melonjak tinggi,” jelas Sri Mulyani dalam sambutannya pada acara Dies Natalis Ke-7 PKN STAN, pada Jumat (29/7).

Sri Mulyani kemudian menyebut bahwa melemahnya perekonomian global berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Pasalnya AS dan Tiongkok merupakan mitra dagang Indonesia.

“Apa hubungannya dengan kita lagi? AS, RRT, Eropa adalah negara-negara tujuan ekspor Indonesia. Jadi, kalau mereka melemah, permintaan ekspor turun dan harga komoditas turun,” kata Sri Mulyani.

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.