Perajin Tepung Tapioka di Bandung Barat: Singkong Langka, Usaha Terancam Bakal Gulung Tikar

Singkong Langka
Perajin Tepung Tapioka di Bandung Barat

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.id – Penurunan kualitas dan langkanya singkong lokal membuat para perajin tapioka di Kabupaten Bandung Barat (KBB) merana. Usaha mereka semakin terpuruk setiap tahunnya.

Salah satunya dialami Amir (60), salah satu perajin tepung kanji asal Kampung Cibitung RT 01/14, Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, KBB. Amir menilai, singkong yang ada saat ini kualitasnya tak sebaik tahun-tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Dari satu ton singkong, paling bagus bisa menghasilkan 2,5 kwintal. Padahal, dua tahun sebelumnya atau sebelum pandemi COVID-19, dari jumlah yang sama bisa menghasilkan 5 kwintal tepung tapioka atau kanji.

“Kualitas singkong tiap tahun main menurun. Dari pada tepung lebih banyak jadi ampasnya,” kata Amir pada Sabtu (30/7/2022).

Akibat penurunan kualitas dan kuantitas singkong lokal itu, Amir dan sejumlah pengrajin tapioka lainnya harus mendatangkan jenis umbi-umbian itu dari daerah lain seperti Sukabumi, Cianjur, dan Subang.

Hal tersebut tentunya berdampak terhadap biaya operasional yang membengkak. “Di Bandung Barat singkong sedang sulit. Saya beli dari Sukabumi. Resikonya mesti keluarkan biaya besar untuk angkut barang. Kalau pun dapat untung, jatuhnya cuma tipis,” ungkap Amir.

Amir telah terjun menjadi perajin tepung kanji sejak tahun 1995. Menurutnya, kondisi tersebut harus jadi perhatian bagi pihak-pihak terkait untuk menghadirkan solusi. Misalnya, menggalakkan kembali perkebunan singkong.

Sebab jika tidak segera ada solusinya, maka para pengrajin tepung di wilayahnya terancam gulung tikar. Di wilayahnya, terang dia, kini hanya tersisa sekitar enam perajin tepung kanji saja kekinian.

“Di Cirawamekar ini dulu banyak sekali pabrik tepung, sekarang tinggal 6 orang karena gak ada bahan baku, kualitasnya turun, serta cuaca tak menentu jadi jemur tepung sulit kering,” terang Amir.

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.