Kasus Covid-19 di Indonesia, Menkes: Mirip India

Menkes Budi Gunadi (foto: ist)

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia mirip seperti di India. Namun, pemerintah belum melihat kapan puncak kasus terjadi di Tanah Air.

Bacaan Lainnya

“Indonesia itu mirip dengan India, di mana kenaikannya tidak cepat, tetapi perlahan naik terus,” kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/7/2022).

Budi juga mengungkapkan, kenaikan kasus Covid-19 terjadi di beberapa negara lainnya, bahkan sudah ada yang menembus angka 100 ribu per hari. Namun, kondisi itu tidak terjadi di Indonesia.

“Dan kita belum melihat puncaknya tercapai dengan cepat seperti yang terjadi di negara-negara lain,” kata Budi.

Terkait dengan subvarian omicorn BA.4 dan BA.5, Budi menyebut subvarian tersebut sudah terdeteksi di Indonesia. Hal itu juga sudah dia laporkan kepada Presiden Jokowi.

Terdapat tiga kasus subvarian BA.4 dan BA.5 yang ditemukan di Indonesia, yakni satu kasus ditemukan di Bali dan dua kasus lainnya ditemukan di Jakarta.

“Satu ada di Bali karena kedatangan luar negeri, dua ada di Jakarta, ya kemungkinan besar transmisi lokal sedang kita cari sumbernya dari mana,” kata Budi.

Sementara Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, pemerintah terus mengantisipasi penyebaran kasus subvarian BA.4 dan BA.5.

“Pemerintah terus mengantisipasi penyebaran sub varian BA.4 maupun BA.5,” kata Airlangga.

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.