Tegas! Demokrat Klaim Tak Syaratkan AHY Jadi Capres atau Cawapres ke Partai Lain


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id — Partai Demokrat membantah menawarkan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat bertemu dengan PPP. Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan, selama berkomunikasi dengan partai lain, Demokrat tidak mensyaratkan AHY harus menjadi capres atau cawapres.

“Enggak ada itu kita dalam komunikasi dengan semua partai itu enggak ada harus ketum AHY jadi capres cawapres enggak ada,” ujar Herzaky saat dihubungi, Rabu (6/7).

Bacaan Lainnya

Herzaky menuturkan, Demokrat tengah membuka komunikasi dengan seluruh partai politik. Termasuk dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Demokrat mengklaim selama membangun komunikasi politik dengan partai-partai bertujuan untuk membangun kesamaan visi misi. Demokrat tidak memaksa AHY menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. Itu akan menjadi prioritas terakhir.

“Kemudian kita sepakat capres dan cawapres kita tentukan nantilah kita menghargai setiap proses di masing-masing partai mungkin ada yang sudah menentukan di kami belum,” tegas Herzaky.

“Jadi kami menghargai yang sudah menentukan, tapi tolong hargai kami juga yang belum menentukan di internal kami,” jelasnya.

Namun, Herzaky mengakui kader Demokrat mendorong AHY untuk menjadi calon presiden atau calon wakil presiden di Pemilu 2024.

“Tetapi memang kader menginginkan mas AHY. Ada keinginan dari kader tapi di partai ada mekanisme,” katanya.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengakui, PPP sudah bertemu dengan Partai Demokrat. Untuk melakukan penjajakan koalisi. Ketika pertemuan itu, nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ditawarkan sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

Politikus yang akrab disapa Awiek menuturkan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menghormati sikap Demokrat. Tetapi, ia menegaskan KIB berkoalisi tanpa syarat. Di internal koalisi saja belum ada pembahasan calon presiden dan calon wakil presiden.

“Ya kita hormati saja. Kalau di KIB tanpa syarat. Di KIB saja kita enggak ada bahas capres,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7).

Awiek menawarkan Demokrat bergabung dengan KIB. Bahkan, kata dia, AHY bisa masuk nominasi calon presiden dan calon wakil presiden yang bakal dipertimbangkan.

“Gabung saja, barangkali mas AHY masuk nominasi yang bisa dibicarakan,” kata wakil ketua Baleg DPR RI ini.

“Ya kita hormati saja. Kalau di KIB tanpa syarat. Di KIB saja kita enggak ada bahas capres,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7).(dbs)


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.