Habib Husein Ja’far: Akhlak itu Tidaklah Bersifat Transaksional

Akhlak itu Tidaklah Bersifat Transaksional
Habib Husein Ja’far

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.id – Pendakwah milenial Habib Husein Ja’far Al-Hadar mengatakan Islam sangat konsen pada kelompok disabilitas. Menurutnya, semua ciptaan Allah SWT itu sempurna.

Hanya saja, kata dia, setiap pandangan orang tidak sepenuhnya memandang hal itu dalam perspektif rahmat. Sehingga mereka menganggapnya tidak sempurna.

Bacaan Lainnya

“Pandangan kita yang tidak egaliter, membuat kita memandang orang membuat tidak sempurna. Jangankan yang disabilitas, gak disabilitas aja dilihat dan dicari kekurangannya,” kata Habib Ja’far melalui akun Instagram pribadinya, dikutip Senin (4/7/2022).

Dirinya kemudian menjelaskan sebuah riwayat dari Sayyidina Ali Zainal Abidin yang disampaikannya bahwa berbuat baik kepada seseorang meskipun orang lain berperilaku sebaliknya. Hal itu sebagai edukasi tentang akhlak yang baik buat mereka.

“Sayyidina Ali Zainal Abidin cicitnya Nabi Muhammad pernah ditanya, “Wahai Ali, kamu ini saya lihat kepada musuh-musuhmu itu tetap kau muliakan, Kenapa?” ucapnya.

“Kemudian kata beliau memuliakan orang lain adalah akhlakku. Memusuhi, membenci dan menyakitiku itu akhlak mereka, ya sudah biarkan. Biarkan mereka dengan mereka sendiri yang akan bertanggung jawab kepada Allah dan aku dengan akhlakku sendiri nantinya juga akan aku pertanggungjawabkan kepada Allah,” tambahnya.

Menurut Habib Ja’far akhlak itu tidak bersifat transaksional dalam Islam. “Bukan karena mereka baik dengan kita kemudian kita juga baik kepada mereka, tetapi walaupun dia tidak baik dengan kita justru kita harus baik dengan mereka. Membalas dengan kebaikan sebagai edukasi,” tandasnya.

 

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.