Jamaah Haji Wajib Kunjungi 4 Tempat Di Mekkah, Ini Penjelasannya


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

 

 

Bacaan Lainnya

Hajinews.id – Haji merupakan salah satu dari rukun Islam. Ibadah haji merupakan ibadah yang wajib dilakukan seluruh umat Islam, dengan catatan apabila mampu melaksanakannya.

Sama seperti ibadah lainnya, haji mempunyai rukun-rukun yang harus dilaksanakan. Apabila seseorang tidak melakukan salah satu rukun haji, maka ibadahnya disebut tidak sah. Rukun-rukun tersebut wajib dilakukan di tempat khusus selama haji. Berikut lokasi yang harus jamaah haji kunjungi di Mekkah.

Masjidil Haram tentu menjadi salah satu lokasi yang harus dikunjungi di Makkah. Di dalam masjid suci ini, berdiri pusat ibadah muslim seluruh dunia yaitu Kakbah.

Salah satu kewajiban dari ibadah haji adalah melakukan tawaf atau mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali. Selain itu, terdapat pula jalur antara bukit Shafa dan Marwah yang digunakan untuk ibadah sa’i atau lari kecil.

Terletak di bagian timur Makkah, Arafah juga menjadi lokasi yang wajib dikunjungi jamaah haji. Jamaah haji melakukan wukuf di padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijah setiap tahunnya.

Saat musim haji tiba, Arafah yang merupakan sebuah padang luas biasanya akan dipenuhi oleh sekitar dua juta jamaah haji dari seluruh dunia. Di luar musim haji, Arafah tidak digunakan. Adapun Padang Arafah diyakini merupakan tempat pertemuan antara Nabi Adam AS dan Hawa.

Muzdalifah merupakan tempat persinggahan jamaah haji sebelum bertolak untuk melakukan lempar jumrah di Mina. Di Muzdalifah, jamaah haji biasanya mengumpulkan batu untuk lempar jumrah. Bermalam di Muzdalifah juga merupakan salah satu rangkaian ibadah haji yang tidak bisa dilewatkan.

Mina

Mina terletak di wilayah Makkah. Lokasi ini merupakan sebuah padang pasir tempat berlangsungnya aktivitas lempar jumrah. Lempar jumrah sendiri merupakan salah satu syarat dalam melaksanakan haji. Jamaah haji akan melempar batu-batu kecil ke tiga tiang dalam kompleks jamarat ini.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.