Hikmah Siang : Keutamaan Bersedekah kepada Anak Yatim Beserta Dalilnya


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id – Sedekah kepada anak yatim (tidak beribu atau tidak berayah lagi karena ditinggal mati) merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Apa keutamaan bersedekah kepada anak yatim tersebut?

Dalam buku berjudul Keajaiban Menyantuni Anak Yatim oleh Mujahidin Nur, dijelaskan Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat muslim untuk memperlakukan iaanak yatim seperti orang tua yang menyayangi anaknya sendiri.

Bacaan Lainnya

Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini ditegaskan oleh Rasulullah SAW: “Bersikaplah kepada anak yatim, seperti seorang bapak yang penyayang.” (HR. Bukhari)

Selain itu, Rasulullah SAW mengatakan keutamaan bersedekah kepada anak yatim akan mendekatkan seorang muslim dengan Rasulullah SAW di surga. Hal ini ditegaskan dalam hadis riwayat Bukhari bahwa beliau akan bersama orang yang menyayangi dan menyantuni anak yatim seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah di surga kelak.

Berikut ulasan lebih mendalam sepuluh keutamaan sedekah kepada anak yatim beserta dalilnya, Minggu (24/4/2022).

1. Penolak Bala

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah bisa menjadi penolak bala. Apa maksud dari penolak bala itu? keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini akan melindungi seorang Muslim dari segala musibah dan kejahatan.

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini ditegaskan sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahuluinya.” (HR. Muslim)

Sementara keutamaan bersedekah kepada anak yatim juga akan menutup sebanyak tujuh pintu kejahatan di dunia. keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini ditegaskan dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.” (HR. At-Thabrani)

2. Membuka Pintu Rezeki

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah akan menjadi pembuka pintu rezeki yang baik. Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini ditegaskan dalam hadis sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah kepada anak yatim dan fakir miskin.” (HR. Al Baihaqi)

3. Menjadi Teman Rasulullah SAW

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah bisa menjadi teman Rasulullah SAW. Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini ditegaskan dalam hadis sebagai berikut:

“Saya dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini, (kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d). (Lihat Shahih Bukhari, Kitab Ath-Thalaq: 4892. Sunan Tirmidzi, Kitab Al-Birr wa Ash-Shilah’an Rasulillah: 1841. Sunan Abi Daud, Kitab Al-Adab:4483).

4. Diberikan Ganti yang Berlipat

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah akan diganti dengan harta yang berkali-kali lipat lebih banyak. Allah SWT akan memberikan balasan rezeki yang berlipat-lipat bagi siapa saja yang dengan ikhlas bersedekah terutama kepada anak yatim.

Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini dijanjikan Allah dalam surat al-Baqarah ayat 261, yang berbunyi:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya:

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

5. Memperoleh Pertolongan dari Allah SWT

keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah bisa mendatangkan pertolngan dari Allah SWT. Pertolongan dari keutamaan bersedekah kepada anak yatim yang dimaksudkan berupa diringankan segala kesulitan di dunia dan akhirat kelak.

Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini ditegaskan Allah SWT dalam hadis ini:

“Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan kesusahannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang meringankan kesulitan orang mukmin di dunia maka Allah akan meringankan kesulitannya di dunia dan akhirat.

Dan barangsiapa yang menutupi aib orang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di akhirat. Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya. (HR. Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah). (Lihat Shahih Bukhari, Kitab Al-Adab: 5557).

Keutamaan Bersedekah kepada Anak Yatim Beserta Dalilnya

6. Memperpanjang Umur

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah bisa memperpanjang umur dan menjadikannya lebih berkah. Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini ditegaskan dalam hadis sebagaimana Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya sedekah orang Muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, dan Allah menghilangkan darinya sifat sombong, fasik, dan riya.” (HR. Thabrani)

7. Menghapus Dosa

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah cara menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan pada tahun lalu. Sedekah merupakan cara mudah yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya untuk menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan.

Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadis riwayat At Tirmidzi yang artinya:

“Sedekah itu menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

8. Terhindar dari Sifat Sombong dan Membanggakan Diri

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah bisa menghindarkan seseorang dari sifat sombong dan terlalu membanggakan diri atas pencampaiannya. Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini ditegaskan Allah SWT sebagai berikut:

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. al-Baqarah: 267)

9. Menjadi Naungan di Hari Kiamat

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah bisa memberikan naungan di hari akhir atau hari kiamat. Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini ditegaskan dalam hadis sebagai mana Rasulullah SAW bersabda: “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Imam Ahmad)

10. Mendapat Keridhaan Dari-Nya

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim adalah cara mendapatkan keridaan dari Allah SWT. Hal ini pun bisa menjadi salah satu cara seorang muslim mendapat pahala atas perbuatan baiknya. Adanya keutamaan bersedekah kepada anak yatim ini dijanjikan Allah SWT dalam firmannya sebagai berikut:

“Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufik) siapa yang dikehendaki-Nya. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikit pun tidak akan dianiaya (dirugikan).” (QS. Al-Baqarah: 272)


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.