Jemaah Haji Tahun Ini Mengaku Puas: Sudah Plus-Plus dari Segi Layanan


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id — Jemaah haji Indonesia saat ini berada di Makkah Al-Mukarramah untuk menunggu fase puncak haji. Sebagian dari mereka sudah menyelesaikan tahapan Arbain di Nabawi dan sebagian lain akan menjalaninya setelah proses haji.

Operasional haji sudah berjalan 28 hari sejak kali pertama pemberangkatan pada 4 Juni 2022. Lalu bagaimana kesan jemaah pada layanan haji tahun ini?

Bacaan Lainnya

“Menurut saya sudah plus-plus dari segi layanan,” ujar Tri Hidayatno, jemaah haji asal Depok yang tergabung dalam kloter 8 Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS 8), saat ditemui di hotelnya di kawasan Misfalah, Makkah, Jumat (1/7/2022) waktu setempat.

Tri berangkat haji bersama istrinya Siti Wahyuningrum, setelah menunggu selama 10 tahun lamanya, termasuk dua tahun tertunda karena pandemi. Pasangan suami istri ini berangkat pada gelombang pertama sehingga sudah menyelesaikan fase Arbain di Masjid Nabawi-Madinah.

Ini adalah kali pertama mereka berdua beribadah haji. Selama ini, info tentang layanan haji mereka dapat dari orang tuanya yang berangkat pada 2009 dan 2011. Tri menilai kondisinya sudah sangat berbeda.

Hal senada disampaikan istrinya, Siti. Dia merasakan kinerja petugas sangat baik. Mereka selalu siap selama 24 jam.

“Kita berangkat ke Masjidil Haram jam berapa saja, selalu ada petugas yang siap memberikan layanan, misalnya memastikan bus shalawat ada dan seterusnya,” katanya.

Tri dan Siti tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Selama di Makkah, proses bimbingan ibadah yang diikutinya adalah yang digelar oleh KBIH. Namun, mereka juga mengikuti proses sosialiasi Armuzna yang dilaksanakan konsultan ibadah.

“Kemarin ada sosialisasi persiapan Armuzna dari kloter untuk kaum ibu-ibu sama para Karom (ketua rombongan). Sudah dijelasin semuanya. Komunikasinya enak, menjelaskannya jelas. Pembimbing ibadahnya perempuan,” ujar Siti.

Dia juga mengaku senang dengan keberadaan Bus Shalawat. Bus yang digunakan dinilai sangat bagus, termasuk bus antarkota yang mengantarkannya dari Madinah menuju Makkah. Bus yang ditumpanginya bagus, meski dia mengaku mendengar ada salah satu bus yang AC-nya mati.

Soal akomodasi, baik Tri maupun Siti mengaku puas. Ada sedikit masukan di Madinah, utamanya terkait dengan antrian panjang di lift saat pulang dari Masjid Nabawi. Selain itu, pasangan suami istri ini mengaku semakin puas dengan kinerja petugas hotel di Makkah.

“Dari sisi layanan kamar pun hotelnya bagusan di sini. Petugas di sini sering control AC dan shower,” kata Siti.

Tri dan Siti kompak bahwa konsumsi yang diberikan kepada jemaah sudah sangat cukup. Selain banyak, juga bergizi. Siti bahkan mengaku bingung untuk menghabiskannya.

“Mungkin kalau bapak-bapak selalu habis. Kalau kita, untuk menghabiskan perlu perjuangan. Karena buah tiga kali sehari, makan tiga kali sehari, air minumnya juga sampai di kamar saya ada tiga dus, berlebih. Dan tidak tahu cara menghabiskannya,” kata Siti.

“Air Zamzam tiap hari satu orang dikasih tiga botol. Kita ingin bawa ke Indonesia tapi tidak boleh,” ucapnya.

Soal rasa, Tri juga merasa cocok karena yang disajikan memang masakan Indonesia. Karena sudah sangat cukup, lanjut Tri, jemaah sebenarnya tidak perlu jajan di luar. Jemaah bisa fokus pada ibadah, karena layanan konsumsi, transportasi, akomodasi, serta layanan kesehatan sudah disiapkan dengan baik oleh pemerintah.(dbs)


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.