Ini 5 Buah yang Disebut Dalam Alquran dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Buah yang Disebut Dalam Alquran
Buah Pisang

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.id – Seperti yang kita ketahui, terdapat berbagai macam buah-buahan di muka bumi. Bagi kamu yang umat Muslim tahu tidak, ada beberapa jenis buah yang disebutkan dalam Alquran?

Beraneka jenis buah-buahan yang bermanfaat bagi manusia tertulis dalam Alquran dan dinyatakan memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, sejumlah ayat menyarankan kita untuk mengonsumsi jenis buah-buahan tersebut.

Bacaan Lainnya

Berikut buah-buahan yang disebutkan dalam Alquran yang memiliki manfaat kesehatan.

1. Buah Tin

Buah tin atau ara disebutkan satu kali dalam surat At-Tin. Melansir dari Healthline, buah tin memiliki antioksidan super, vitamin a, vitamin c, vitamin b kompleks, vitamin k, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi.

Semua kandungan yang ada pada buah ini sangat baik bagi para penderita diabetes. Hal itu karena kandungan asam lemak dan vitamin E yang bisa menyeimbangkan kadar gula darah.

Tidak hanya itu, buah tin juga bermanfaat dalam membantu pengobatan penyakit kulit seperti eczema, vitiligo, dan psoriasis.

2. Buah Kurma

Kurma diketahui termasuk buah yang sering disebutkan dalam beberapa surat di Alquran seperti surat Maryam, surat Al-Baqarah, surat Al-Hasyr, dan surat Qaaf.

Pada sebuah penelitian, disebutkan bahwa kandungan serat dan antioksidan pada kurma mampu mengatasi risiko diabetes, Alzheimer, dan jenis-jenis kanker. Selain itu, meski rasanya yang manis, kurma terbilang merupakan buah yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

3. Buah Pisang

Buah pisang dalam Alquran tercantum pada surat Al-Waqiah. Pisang dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik, meskipun kandungan gulanya tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung serat larut pektin yang bertugas menyeimbangkan kadar gula di dalam darah dan memperlancar pencernaan.

Kalium dan magnesiumnya juga baik untuk kesehatan jantung. Tidak sampai itu saja, kandungan antioksidan penting seperti dopamin dan catechin serta mineral dan karbohidrat baik di dalam pisang baik bagi kesehatan ginjal.

4. Buah Zaitun

Sama seperti kurma, zaitun juga sering disebutkan, seperti surah An-nur, Al-an’am, An-Nahl, Al-Mu’minun, ‘Abasa. Buah zaitun ketika matang merupakan sumber dari vitamin e dan antioksidan. Kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung. Jika kamu rutin mengonsumsi buah ini, maka kesehatan jantungmu akan sangat terjaga.

5. Anggur

Anggur merupakan buah yang tertulis dalam surat Al-Mu’minun. Kehebatan buah anggur sendiri adalah polifenol, flavonoid, dan quercetin yang bisa mencegah penyakit jantung.

Selain itu, buah anggur juga bisa mencegah penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Ada pula senyawa lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah penyakit mata akibat usia.

Berdasarkan penelitian pada Journal of Nutrition, anggur bahkan bisa membantu fungsi tubuh memproduksi insulin. Buah anggur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.