Effendi Simbolon Blak-blakan Tentang Sosok Capres PDIP, Bakal Diumumkan Megawati


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id — Politisi PDI Perjuangan Effendi Simbolon membuat pernyataan tegas soal sosok yang bakal diusung PDIP sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Adapun sosok yang berpotensi bakal diusung PDIP pun hanya satu.

Bacaan Lainnya

Effendi Simbolon pun menyebut sosok tersebut tak lain adalah Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Mantan Calon Gubernur Sumut itu pun mengungkapkan bahwa PDIP akan menjalin koalisi dengan partai politik lainnya dalam menghadapi Pilpres 2024.

Menurutnya, PDIP tak akan maju sendirian dalam mengusung Capres di Pemilu nantinya.

“Enggak lah (maju sendiri). Pasti koalisi. Cuma InsyaAllah calonnya ibu Puan. Ya, kami coba pokoknya ikhtiar,” kata Effendi Simbolon kepada awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Hal itu sekaligus menepis bahwa PDIP telah mengantongi sejumlah nama kader untuk diusung maju pada Pilpres 2024.

“Enggak lah, satu, (hanya) bu Puan,” ucap Effendi.

Ditegaskan Effendi Simbolon, bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan memutuskan sekaligus mengumumkan nama Puan Maharani.

Namun, dirinya tak mengetahui kapan pengumuman tersebut akan dilakukan.

“Sampai nanti diputuskan ibu megawati. Enggak ada lagi nama lain. Bahwa nanti dicalonkan dengan siapa, itu kapan waktunya, itu (wewenang) ibu. Cuma pascarakernas cuma Puan,” kata Effendi.

Sebelumnya, dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP, Megawati Soekarnoputri sama sekali tidak mengumumkan sosok yang bakal diusung partainya untuk Pilpres 2024.

Ia meminta semua pihak sedikit bersabar, terlebih pelaksanaan Pilpres 2024 masih panjang.

Megawati bahkan dengan nada bercanda mengatakan sosok bakal calon ini masih ia sembunyikan.

“Ya sabarlah sedikit. Orang waktunya masih dua tahun. Boleh dong saya umpetin,” ujarnya dalam pidato penutup, Kamis (23/6/2022).

Megawati juga tak ingin buru-buru dalam menentukan sosok calon, sebab menurutnya dengan situasi dan kondisi sekarang ini, perlu pemimpin yang tak hanya andalkan elektoral semata.

“Dengan lihat tantangan yang tidak ringan ke depan, ketidakpastian global, ancaman resesi dunia, krisis pangan, pemimpin yang saya cari ak andalakan elektoral semata,” ucap Megawati.

“Pemimpin yang didambakan rakyat adalah sosok yang kuat dari sisi idoelogis, memiliki kemapuan memimpin tata kelola pemerintahan yang baik untuk negara Indonesia yang segini besar,” tambahnya.(dbs)


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.