Beda Gaya Putin Terima Presiden Jokowi dan Macron


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

 

Jakarta, Hajinews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022). Kedua kepala negara langsung melakukan pertemuan tete-a-tete di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

Bacaan Lainnya

Namun ada pemandangan yang berbeda dalam pertemuan antara Jokowi dan Putin. Pemandangan berbeda yang dimaksud adalah tidak adanya meja panjang yang memisahkan kedua kepala negara itu. Sebaliknya, keduanya hanya dipisahkan sebuah meja kecil sehingga pembicaraan keduanya terkesan akrab.

Sedikit mengingat ke belakang, beberapa bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Saat itu keberadaan meja ekstra panjang (XL) yang memisahkan Putin dengan Macron mencuri perhatian.

Belakangan, dua sumber dalam rombongan Macron menjelaskan alasan di balik keberadaan meja panjang tersebut. Menurut sumber itu pada Reuters, alasan penggunaan meja sangat besar itu karena Macron menolak menjalani tes COVID-19 oleh tim medis Rusia.

Sumber tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa Macron diharuskan menjaga jarak dari Putin setelah Macron menolak protokol kesehatan dan keselamatan.

Keberadaan meja yang sangat panjang itu pun, menempatkan Macron di satu ujung dan Putin di ujung lainnya, menjadi salah satu momen pertemuan yang paling banyak dibicarakan orang.

Selama pertemuan hampir enam jam mereka, Macron dan Putin membahas krisis di Ukraina.

Sementara itu dalam pertemuan dengan Jokowi, Putin mengatakan Rusia siap memenuhi sepenuhnya kebutuhan pupuk produsen pertanian dari negara sahabat.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.