Cara Agar Stamina Tetap Bugar saat Melakukan Ibadah Haji

Stamina Tetap Bugar Melakukan Ibadah Haji
Stamina Tetap Bugar Melakukan Ibadah Haji

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.id – Jelang puncak haji yang biasa disebut Armuzna (Arafah Muzdalifah dan Mina), jamaah Haji Indonesia diingatkan untuk terus menjaga stamina dengan meminimalisir kegiatan ibadah sunnah yang menguras energi.

Pasalnya, para jemaah haji harus memiliki stamina yang terjaga saat menjalani rangkaian ibadah haji yang cukup melelahkan secara fisik. Itu sebabnya para jemaan diminta mengurangi aktifitas fisik berlebih jelang puncak haji.

Bacaan Lainnya

“Dalam beberapa hari ini sebelum pelaksanaan Armuzna, kami meminta jemaah meminimalisir aktivitas-aktivitas yang lain misalnya umroh,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Arsyad Hidayat di Jeddah, Senin 27 Juni 2022.

“Artinya mereka harus menghemat energi dan tenaga, sehingga pada puncaknya nanti, wukuf dalam kondisi sehat. Karena ibadah haji itu ya Arafah,” lanjut Arsyad.

Ketua PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi, Arsyad Hidayat

Arsyad menambahkan, dikhawatirkan para jamaah yang terlalu bersemangat membuat pada hari puncaknya tidak bisa melakukan wukuf.

“Jangan nanti sunnahnya didahulukan, tapi yang wajib karena kondisinya lemah tidak bisa melakukan wajib dan rukun haji. Ini kan rugi sekali,” ungkapnya.

Apalagi saat ini konsentrasi massa mulai terpusat di Kota Mekah, seiring kian dekatnya puncak haji. Kondisi ini berpotensi menciptakan sejumlah permasalahan yang bakal dihadapi para jemaah.

“Untuk itu kami melakukan penguatan di sektor khusus dengan penambahan personil yaitu 40 petugas pershift. Ini luar biasa, agar kami bisa maksimal memberi pelayanan sekitar Masjidil Haram sebagai tempat pusat ibadah,” jelasnya.

 

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.