Apa Sajakah Bekal Meraih Haji Mabrur?

Meraih Haji Mabrur
Meraih Haji Mabrur

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.id – Tim konsultan ibadah/Bimbingan Ibadah (Bimbad) Haji Sektor 4 melakukan edukasi ke kloter BDJ 02 (kode kloter embarkasi Banjarmasin) di musholla tower 2 Hotel Kiswah, Jarwal, Makkah.

Salah seorang Petugas Haji Indonesia yang bertugas bekerja sama dengan Tim Bimbad, Nur Achmad, mengatakan, rata-rata setiap hari sekitar 4-6 kloter yang divisitasi dan edukasi.

Bacaan Lainnya

“Visitasi dan edukasi berisi informasi tentang 3 layanan jemaah haji berupa akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Lalu himbauan 3 bekal pendukung utama berupa: keamanan (diri, barang, dan lingkungan), kesehatan, dan bekal teknis” ungkap Cak Mad, oleh rekan-rekannya akrab disapa Cak Mad, kepada Tim Media Center Haji (MCH), Makkah (27/6/2022).

Cak Mad juga menyampaikan 4 bekal haji mabrur, yaitu:

  • Bekal niat yang ikhlas
  • Bekal biaya yang halal
  • Bekal menjalani semua rukun wajib dan sunnah dalam haji
  • Bekal menjaga diri dalam ketaatan dan menjauhi kemaksiatan, khususnya rofats (kata kotor), fusuq (perbuatan kotor) dan jidal (berkelahi atau berdebat).

Visitasi dan edukasi diisi oleh tim konsultan ibadah dan Bimbad serta tim kesehatan kepada jemaah haji Indonesia.

“Respon jemaah merasakan hal ini sangat penting. Walaupun ada juga jemaah yang sudah belajar manasik, tetapi kadang ada bagian-bagian tertentu yang lupa. Sehingga bimbingan dan edukasi tersebut menjadi penting. Selain itu banyak juga yang belum paham manasik dan menjaga keamanan dan keselamatan saat di tanah suci” jelas Cak Mad.

Cak Mad menambahkan, jemaah juga diingatkan untuk tidak selfie atau ambil foto dan video di lokasi sekitar ka’bah.

“Apalagi membawa gambar atau benda-benda yang tidak relevan, misalnya bawa foto sapi, wayang, dan lainnya, yang bisa ditindak oleh polisi di Masjidil Haram” tambah Cak Mad.

Selain itu jemaah juga diimbau tetap menjaga kesehatan, minum air yang cukup, tidak lupa bawa semprotan air buat basahi wajah, dan jika keluar pemondokan, membawa sandal atau sepatu plus plastiknya sendiri, tanpa menitip ke orang lain, terutama saat ke Masjidil Haram.

Tim konsultan ibadah dan Bimbad sektor 4 terdiri dari KH.Imam Khoiri, Nur Achmad, KH. Ahmad Nadhif, KH. Shidqon, KH. Shonhaji, dan KH. Hilman. Diketahui

Jemaah haji Indonesia di sektor 4, Jarwal, Makkah, ada embarkasi; Solo (SOC), Banjarmasin (BDJ), Padang (PDG), dan Balikpapan (BPN). Total berjumlah 66 kloter. Dengan jumlah jemaah 24.000 lebih.

 

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.