Bisa Reinfeksi! Ini Kabar Buruk bagi yang Pernah Kena Omicron Versi Awal

Kena Omicron Versi Awal
Omicron BA.4 dan BA.5

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.idDalam studi terbaru, ditemukan bahwa orang yang terinfeksi dengan versi paling awal dari varian Omicron, kemungkinan rentan terhadap infeksi ulang. Bahkan jika sudah vaksinasi lengkap dan booster.

Dilansir dari Strait Times, penelitian dari China ini dilaporkan pada Jumat (17/6/2022) di jurnal Nature.

Bacaan Lainnya

Dalam penelitian itu, disebutkan pasien yang divaksinasi dan terinfeksi Omicron BA.1 umumnya mengembangkan antibodi yang dapat menetralkan virus.

Diketahui Omicron versi paling awal pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan pada November 2021. Tetapi sub-garis keturunan Omicron yang beredar sekarang memiliki mutasi yang memungkinkan mereka menghindari antibodi tersebut.

Dijelaskan bahwa Omicron BA.2.12.1, yang saat ini menyebabkan sebagian besar infeksi di Amerika Serikat, dan Omicron BA.4 dan BA.5, yang sekarang mencakup lebih dari 21 persen kasus baru AS, mengandung mutasi yang tidak ada di BA. 1 dan BA.2 versi Omicron.

Melalui percobaan tabung reaksi, peneliti melihat sub-garis keturunan yang lebih baru itu “terutama menghindari antibodi penetralisir yang ditimbulkan oleh infeksi dan vaksinasi Sars-CoV-2”.

Dr Onyema Ogbuagu peneliti penyakit menular di Yale, Fakultas Kedokteran di New Haven, Connecticut, yang tidak terlibat dalam studi itu pun menanggapi dan menyarankan setiap orang untuk tetap vaksinasi.

“Meskipun (varian Omicron versi baru) bisa menghindari kekebalan, harapannya adalah bahwa vaksin masih dapat melindungi terhadap penyakit serius,” kata Dr Ogbuagu. “Jika Anda membutuhkan booster, dapatkan booster.”

Untuk menjaga tingkat tinggi antibodi Covid-19 yang beredar dalam darah, “yang paling penting adalah tetap up to date dengan vaksin”, tambahnya.

 

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.