Terbang ke Jeddah, Jemaah Haji Gelombang Kedua Harus Sudah Pakai Baju Ihrom


banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – PPIH Embarkasi Surabaya mulai menerbangkan jemaah haji gelombang kedua menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah pagi hari ini, Minggu (19/6) pukul 04.40 WIB.

Bacaan Lainnya

Jemaah haji kloter 21 asal Kabupaten Sumenep dan Gresik sebagai kloter perdana gelombang dua Embarkasi Surabaya terlihat sebagian besar memakai baju ihrom ketika keluar dari kamar asrama untuk mengikuti proses pemberangkatan.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Husnul Maram selaku Ketua PPIH Embarkasi Surabaya menyebutkan himbauan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI agar jemaah haji gelombang dua memakai baju ihrom sejak dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

“Kami menghimbau jemaah haji seluruhnya, sejak keluar kamar di Embarkasi Surabaya sudah memakai baju ihrom. Untuk niat ihromnya bisa di Yalamlam atau Bandara King Abdul Aziz Jeddah saat berada di bus,” terang Maram, Minggu (19/6).

Maram menambahkan, himbauan tersebut untuk memberikan kemudahan kepada jemaah haji agar perjalanan menuju hotel pemondokan bisa berjalan lancar.

“Bila jemaah haji tidak memakai baju ihrom dari embarkasi, maka harus berganti ihram di bandara. Harus bongkar tas dan lain-lain yang membutuhkan waktu lama, yang akibatnya akan terjadi pertumpukan jemaah di bandara Jeddah, dan juga berdampak pada keterlambatan pergerakan ke pemondokan,” sambungnya.

Ia pun lantas berpesan kepada jemaah haji untuk selalu mempersiapkan diri menjaga kesehatan mengingat cuaca di Arab Saudi berkisar pada suhu 42 derajat sampai 50 derajat.

“Maka untuk menjaga kekhusyu’an beribadah disarankan kepada jemaah haji agar sering minum air putih serta istirahat yang cukup,” ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris menjelaskan tentang perjalanan ibadah haji pada gelombang dua yang dimulai dari penerbangan dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

“Jemaah berada di Kota Mekkah selama 12 hari dan di Arafah 2 hari lanjut ke Muzdalifah dan terus ke Mina selama 4 hari dan kembali ke Mekkah selama 13 hari,” jelasnya.

Setelah 21 hari berada di Mekkah, lanjut Haris, jemaah haji gelombang dua akan melanjutkan perjalanan ke Kota Madinah selama 9 hari lalu kembali lagi ke tanah air melalui Bandara Madinah.

Hingga hari ini, PPIH Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 9406 jemaah haji menuju Arab Saudi.

Adapun pagi hari ini, berturut-turut kloter 22 asal Kabupaten Bangkalan dan Sidoarjo, serta kloter 23 asal Kabupaten Pamekasan dan Sidoarjo memasuki Embarkasi Surabaya pada pukul 07.00 WIB dan 10.00 WIB.

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.