Hikmah Pagi : 5 Surat Alquran untuk Orang Sakit, Mujarab Obati Penyakit Fisik Maupun Jiwa

doa ketika sakit
doa ketika sakit

banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Surat Al Quran untuk kesembuhan orang sakit sangat bermanfaat dan penting untuk diketahui setiap muslim. Surah-surah berikut ini dapat diamalkan untuk siapa saja yang berikhtiar mengharap kesembuhan.

Bacaan Lainnya

Surah-surah di dalam Al Quran tidak diragukan lagi kebenarannya. Termasuk surah-surah yang diyakini dapat menyembuhkan orang sakit. Selain sebagai pedoman hidup utama seorang muslim, Al Quran juga menjadi pelindung manusia dari segala keburukan dan gangguan termasuk penyakit.

Oleh sebab itu, membaca ayat-ayat Al Quran sangat dianjurkan karena terdapat banyak keutamaan dan keberkahan di dalamnya.

Terlebih, terdapat hadits yang menyebut bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa segala penyakit pasti ada penawar atau obatnya.

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ

Artinya: “Semua penyakit ada obatnya. Apabila sesuai antara obat dan penyakitnya, maka (penyakit) akan sembuh dengan izin Allah SWT.” (HR Muslim).

Berikut adalah surat Al Quran untuk kesembuhan orang sakit

1. Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah adalah surat pembuka dalam Al Quran yang disebut juga sebagai Ummul Quran atau Ummul Kitab karena menjadi induk dari semua isi Al Quran.

Syekh Al Jaber dalam sebuah ceramahnya yang diunggah di Hadits TV mengatakan bahwa Al Fatihah adalah salah satu surat paling mujarab untuk menyembuhkan penyakit.

“Dan subhanallah, Al Fatihah termasuk surah yang paling dahsyat untuk menyembuhkan segala penyakit,” ucap Syekh Ali Jaber dilansir dari iNews.id, Sabtu, 18 Juni 2022.

“Sakit kepala, sakit gigi, sakit tangan, apapun sakitnya. Taruh tangan kanan di posisi yang sakit, dan baca Al Fatihah dengan penuh keyakinan,” lanjutnya.

Nabi SAW pernah bersabda bahwa Al-Fatihah adalah As-Syifa (penawar) dari segala racun. Dikisahkan dalam hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Sa’id Al Khudri RA, Nabi bersabda:

“Bahwa ada sekelompok sahabat berada dalam perjalanan safar, lalu melewati suatu kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung enggan untuk menjamu. Penduduk kampung itu lantas berkata kepada para sahabat yang mampir, ‘Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyah karena pembesar kampung tersengat binatang dan terserang demam’.

Di antara para sahabat lantas berkata, ‘Iya ada.’ Lalu ia pun mendatangi pembesar kampung dan meruqyahnya dengan membaca Surah Al-Fatihah. Maka pembesar kampung itupun sembuh. Lalu yang membacakan ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun ia enggan menerimanya.”

2. Surat Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas merupakan surah ke-112 dalam Al Quran. Al Ikhlas adalah salah satu surat yang sangat luar biasa karena isinya memurnikan keesaan Allah. Oleh karena itu, tidak heran jika surah ini memiliki keutamaan yang sangat agung.

Membaca surat ini diulang sebanyak tiga atau tujuh kali diyakini dapat menjadikannya sebagai obat. Hal itu diiringi dengan keyakinan bahwa segala kesembuhan dan penyakin ada di tangan Allah SWT.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Latin: Qul Huwallahu Ahad. Allahush shomad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakul lahuu kufuwan Ahad.

3. Surah Al Muawwidzat (Al Falaq dan unikAn Nas)

Surat Al Quran untuk kesembuhan orang sakit berikutnya adalah Surah Al Muawwidzat, yakni surah Al Falaq dan An Nas. Keduanya adalah surah penutup dalam Al Quran dan memiliki keutamaan serta fadhilah yang agung.

Surat ini dapat dijadikan pelindung dari godaan setan, sihir, bahkan untuk menghindari kejahatan manusia. Melansir dari laman Tafsir Al Quran, dua surah ini bisa dijadikan sebagai penjagaan sekaligus obat.

Hal itu diterangkan oleh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir al-Munir. Pandangan tersebut disandarkan pada hadis dari Aisyah tentang kebiasaan Rasulullah membaca surah al-Ikhlas, surah al-Falaq dan surah an-Nas sebelum tidur.

عن عائشة أن النبى – صلى الله عليه وسلم – كان إذا أوى إلى فراشه كل ليلة جمع كفيه ثم نفث فيهما فقرأ فيهما (قل هو الله أحد) و (قل أعوذ برب الفلق) و (قل أعوذ برب الناس) ثم يمسح بهما ما استطاع من جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلَّاتٍ َ

Artinya: Dari Aisyah ra bahwasanya nabi Muhammad saw jika pergi ke tempat tidur beliau setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian beliau meniupkan dalam terbukanya dan membaca surah al-Ikhlas, surah al-Falaq dan surah an-Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangan tersebut, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali. (HR. Bukhari).

4. Surah Al Isra ayat 82

Surah Al-Isra’ Ayat 82 juga ditafsirkan sebagai surat penyembuh dari semua penyakit hati. Misalnya saja seperti keragu-raguan, kemunafikan, kedengkian dan kebodohan.

Selain itu, surah ini juga bisa menyembuhkan jasmani melalui bacaan ruqyah dengannya, dan hal-hal yang menjadi penyebab teraihnya rahmat Allah berkat keimanannya.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: Wa Nunazzilu minal-Qur’aani maa Huwa Syifaa’uw wa Rahmatul Lil-Mu’miniina wa laa Yaziduzh-zholimiina illaa khosaaro. “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra: 82).

5. Surah Al-Anbiya Ayat 83

Surat ini menerangkan tentang doa Nabi Ayyub ‘alaihissalam saat mendapat ujian berat ditimpa penyakit bertahun-tahun. Nabi Ayyub as lalu bermunajat kepada Allah dan diabadikan dalam Al-Qur’an:

وَاَيُّوۡبَ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗۤ اَنِّىۡ مَسَّنِىَ الضُّرُّ وَاَنۡتَ اَرۡحَمُ الرّٰحِمِيۡنَ‌

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Ayyub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, ‘(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (Surah Al-Anbiya: 83)

Doa yang dilafalkan Nabi Ayyub as sebagai sarana bermunajat memohon kesembuhan kepada Allah adalah sebagai berikut ini.

اللَّهُمَّ اَنِّىۡ مَسَّنِىَ الضُّرُّ وَاَنۡتَ اَرۡحَمُ الرّٰحِمِيۡنَ

Latin: Allahumma Innii Massaniyadh-dhurru wa Anta Arhamur Rohimin.

Artinya: “Ya Allah Tuhanku, sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua penyayang.”

Itulah 5 surat Al Quran untuk kesembuhan orang sakit. Semuanya diyakini sangat mujarab untuk mengobati penyakit fisik maupun jiwa. Wallahualam. (*)

 

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.