Mulai Tunaikan Umrah Wajib, Ratusan Jemaah Haji Indonesia Padati Area Tawaf

FILE PHOTO: Muslim pilgrims wearing face masks and keeping social distance perform Tawaf around Kaaba during the annual Haj pilgrimage amid the coronavirus disease (COVID-19) pandemic, in the holy city of Mecca, Saudi Arabia July 31, 2020. Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Jemaah haji Indonesia mulai menunaikan umrah wajib di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (13/6/2022). Mereka melakukan tawaf sebagai bagian dari rangkaian ibadah Haji Tamattu.

Bacaan Lainnya

Tercatat, ada 358 jemaah asal Pati yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Solo (SOC 1). Mereka mulai memadati area tawaf (mathaf) di depan Kakbah sekitar pukul 03.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Sebelum menunaikan umrah wajib, mereka terlebih dahulu mengambil miqat yang terletak di Masjid Bir Ali, Madinah.

“Ini dari embarkasi Solo, yang sebanyak 358 jemaah. Tadi tiba pukul 03.00 di antar dengan Bus Shalawat dari Hotel Kiswah-Jarwal. Sebelumnya dijadwalkan pukul 01.00 tapi mundur,” katanya.

Sebelumnya, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono mengatakan, kehadiran jemaah SOC 1 ini menandai dimulainya fase kedatangan jemaah di Makkah.

“Ini rombongan pertama jemaah kita yang bergerak dari Madinah menuju ke Makkah,” kata Eko di Hotel Kiswah saat penyambutan jemaah haji Indonesia.

“Ini adalah kloter pertama yang datang ke Madinah pada 4 Juni 2022. Mereka dari embarkasi Solo. Kami juga menyambut rombongan pertama ini,” sambungnya.

Eko Hartono berharap jemaah dapat beribadah dengan baik. “Semoga tetap diberikan kesehatan sehingga ibadah haji mereka bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Eko juga mengingatkan bahwa haji adalah ibadah fisik. Karenanya, semangat beribadah harus diimbangi dengan kemampuan menjaga diri. Apalagi, saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Meski pandemi Covid-19 mereda, tetap hati-hati agar kita tidak tertular. Perlu kedisiplinan jemaah. Jaga stamina. Jika tidak diperlukan jangan berkerumun,” pesan Eko.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.