Omicron BA.4 dan BA.5 Ada di Indonesia, Satgas IDI: Covid-19 Tidak Akan Hilang Sepenuhnya


banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin merespons upaya Singapura yang sudah siap-siap menghadapi gelombang baru Omicron pada Juli 2022 mendatang. Menurutnya kenaikan kasus Covid-19 di Singapura disebabkan oleh varian baru yakni BA.4 dan BA.5.

Bacaan Lainnya

Meski ada ancaman BA.4 dan BA.5, Menkes Budi yakin bahwa kekebalan kelompok di Indonesia masih kuat. Hal ini terlihat dari hasil sero survei dari Maret kemarin.

Sementara itu, Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengatakan SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 tidak akan hilang sepenuhnya di Indonesia meski jumlah kasus terus menurun.

Seperti dilansir dari Antara, menurut Zubairi penurunan angka kasus dalam suatu populasi belum tentu diiringi dengan lenyapnya Covid-19 dari muka bumi, termasuk Indonesia.

Situasi yang tepat untuk menggambarkan situasi pelandaian kasus di Tanah Air saat ini adalah risiko tertular Covid-19 yang lebih rendah dari sebelumnya.

“Hanya kalau tertular sudah vaksinasi dua kali, apalagi ada yang sudah booster, kemungkinan kalau sakit karena tertular dan harus rawat inap di rumah sakit itu risikonya rendah,” katanya.

Zubairi mengatakan situasi perawatan pasien COVID-19 di rumah sakit yang kian sepi saat ini, bukan berarti tidak ada pasien yang sedang dirawat. “Yang sakit masih ada beberapa, juga banyak yang kosong,” katanya.

Zubairi yang juga seorang dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi-onkologi (Kanker) itu menyebut Covid-19 jangka panjang akan tetap ada di tengah masyarakat dalam jangka waktu panjang.

“Kemungkinan untuk terjadinya lonjakan ada, tidak hilang, kemungkinannya sedikit banget. Kemungkinan makin hilang nyaris enggak ada, kalau berkurang masih bisa, hilang tidak mungkin. Artinya kita sekarang ini menjadi lebih longgar, tapi tidak boleh terlalu percaya diri dan jumawa,” ujarnya.

 

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.