Inilah Profil Ustadz Abdul Somad, Dai Kaya Ilmu Berjuluk Singa Podium

Profil Ustadz Abdul Somad
Profil Ustadz Abdul Somad

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id – Siapa tak kenal Ustadz Abdul Somad, Dai yang akrab disapa dengan UAS. Beliau juga dijuluki “singa podium” karena kepandaiannya merangkai kata dan lantang menyampaikan kebenaran saat ceramah maupun pidato.

Tak heran jika UAS memiliki banyak pengikut di Indonesia hingga luar negeri seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan lainnya. Meski beberapa negara menolak UAS, hal itu tak menyurutkan semangat UAS untuk terus berdakwah dan menebar ilmu.

Bacaan Lainnya

Salah satu kelebihan UAS adalah penguasaan ilmu fiqih, ilmu Hadis dan perbandingan mazhab. Tak heran jika setiap kajiannya, beliau menjelaskan dan menjawab persoalan fiqih dengan lugas dan mudah dipahamai.

Gaya ceramah UAS memang humoris, namun tegas dan kaya dengan ilmu. Dari riwayat pendidikannya sangat membanggakan karena berhasil meraih predikat hingga Doktor. Bahkan, Januari 2020 UAS mendapat gelar Profesor tamu Fakulti Usuluddin oleh Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Brunei Darussalam.

Pelantikan Ustadz Abdul Somad sebagai profesor tamu langsung dilantik oleh Rektor UNISSA Dr Haji Norarfan bin Haji Zainal. Ketika itu UAS diberi kesempatan ceramah di hadapan 500 mahasiswa disaksikan oleh rektor, dosen UNISSA.

Sebelumnya Desember 2019, UAS berhasil meraih gelar doktor di Oumdurman Islamic University, Sudan. Beliau lulus dengan predikat cum laude alias Mumtaz. Kalau ditulis, gelar UAS adalah Ustadz Prof Haji Abdul Somad Batubara, Lc, D.E.S.A, PhD.

Siapa Sebenarnya Ustadz Abbul Somad?

Keseharian Ustadz Abdul Somad sebagai pendakwah tentu tidak lepas dari pendidikan yang ditempahnya sejak kecil. Dilansir dari berbagai sumber, UAS lahir Silo Lama, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977.

Abdul Somad merupakan putra dari pasangan Bakhtiar dan Rohana. Dari pihak ibu, garis keturunannya bersambung kepada Syekh Abdurrahman atau dijuluki Tuan Syekh Silau Laut I, seorang ulama sufi beraliran Tarekat Syattariyah. Boleh disebut, UAS adalah seorang Dai keturunan ulama kharismatik.

Riwayat Pendidikan

Sejak bangku sekolah dasar, UAS dididik melalui sekolah yang berbasis Tahfiz Al-Qur’an. Tamat dari SD Al-Washliyah Medan pada 1990, ia melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan. Setelah lulus pada 1993, ia melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darul Arafah Deliserdang, Sumatera Utara selama satu tahun.

Pada 1994 pindah ke Riau untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu dan menyelesaikannya pada 1996. Tahun-tahun berikutnya antara 1996-2019, melanjutkan kuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau hingga ke Mesir, Maroko dan Sudan.

  1. SD Al-Washliyah, Medan, tamat 1990
  2. Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah, Medan, tamat 1993
  3. Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu, tamat 1996
  4. S1 Universitas Al-Azhar, Mesir, 2002
  5. S2 Dar El Hadith El Hassania, Kerajaan Maroko, 2006
  6. S3 Universitas Islam Omdurman, Sudan, 2019
  7. Profesor Tamu di Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam, 2020-2022.

Kehidupan Pribadi

Ustadz Abdul Somad menikah dengan Mellya Juniarti pada Tahun 2012. Dari pernikahan ini, beliau dikaruniai seorang putra bernama Mizyan Hadziq Abdillah. UAS bercerai pada tahun 2019.

Pada Tahun 2021, beliau menikah lagi dengan Fatimah Az-Zahra Salim Barabud, seorang gadis berusia 20 tahun lulusan Pondok Pesantren Gontor. Dari penikahan ini, keduanya dikaruniai seorang putra bernama Samy Ahmad Mesbahy ‘Ibadillah.

Riwayat Pengabdian

Pascalulus dari Maroko, UAS cukup aktif mengabdikan diri di berbagai lembaga Islam. Di anatarnya, Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau. Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru. Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode 2009–2014. Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode 2009–2014. Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, Periode 2009–2014. Wakil Ketua Majelis Ifta’ Persatuan Tarbiyah Islamiyah Provinsi Riau, Periode 2017-2022.

Karya Buku

UAS tergolong Dai yang sangat produktif menuli buku dan karya ilmiah. Beberapa buku hasil karyanya menjadi best seller, di antaranya:
  1. 37 Masalah Populer.
  2. 99 Pertanyaan Seputar Sholat.
  3. 33 Tanya Jawab Seputar Qurban.
  4. Tanya Jawab seputar tauhid, ahlak, shalat, puasa, zakat, haji, kredit, riba & fatwa milenial lainnya.
  5. Semua Ada Saatnya.
  6. 35 Kisah Saat Mmaut Menjemput.
  7. 30 Mutiara Ramadhan.
  8. 15 Sebab Dicabutnya Berkah.
  9. Naskah Khotbah.
  10. Ustadz Abdul Somad Menjawab.
  11. 77 Tanya Jawab Seputar Shalat.
  12. 40 Hadits Zikir dan Doa Menurut Sunnah.
  13. Amalan yang Paling Dicintai Allah.
  14. 30 Fatwa seputar Ramadhan: Syekh ‘Athiyyah Shaqar, Syekh DR. Yusuf Al-Qaradhawi, Syekh DR. Ali Jum’ah[67]
  15. Metode Takhrij Hadits.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.