Dunia Hadapi Tiga Ancaman Besar


banner 800x800

banner 400x400

 

Jakarta, Hajinews.id – Dunia saat ini menghadapi tiga ancaman besar mulai dari perubahan iklim, normalisasi kebijakan moneter, hingga pengetatan likuiditas.

Bacaan Lainnya

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam rapat paripurna DPR di Jakarta, Selasa (24/5), menyatakan dinamika global saat ini sangat nyata. Normalisasi kebijakan keuangan terutama di bidang moneter dilakukan untuk merespons kenaikan inflasi akibat kenaikan harga komoditas.

Normalisasi kebijakan moneter dan pengetatan likuiditas itu telah menimbulkan disrupsi di seluruh dunia termasuk Indonesia. “Disrupsi rantai pasok yang muncul akibat meningkatnya geopolitik menjadi perhatian dan harus kita waspadai,” kata Menkeu.

Apalagi konflik antara Russia dan Ukraina turut memperparah situasi geopolitik dunia yang pada akhirnya menimbulkan ancaman krisis mulai dari energi, pangan, sampai keuangan.

Bahkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah membentuk sebuah grup untuk mengantisipasi tiga potensi krisis dunia, yaitu energi, pangan, dan keuangan. Indonesia, jelasnya, harus mampu merespons secara tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat aksi terhadap berbagai potensi ancaman dunia.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.