Hikmah Siang : Istighfar Mengundang Kasih Sayang Allah, Begini Doa Sayyidul Istighfar

istighfar melancarkan jodoh

banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id- Istighfar berasal dari kata dasar غفر yang artinya menutup. Dalam pengertian bahasa Istighfar adalah memohon ampun atas segala dosa yang dilakukan oleh seorang hamba dengan niat tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. Hal ini dapat dilakukan baik dengan perkataan maupun perbuatan.

Bacaan Lainnya

Allah SWT menganjurkan umat-Nya untuk beristighfar. Allah menghapus dosa dan kesalahan hamba-Nya yang beristighfar.

Rasulullah bersabda, “Allah telah berkata,’Wahai hamba-hamba-Ku, setiap kalian pasti berdosa kecuali yang Aku jaga. Maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian Aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengamouni dosa-dosanya, maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak peduli (beberapa banyak dosanya).” (HR.Ibnu Majah, Tirmidzi).

Imam Qatadah juga pernah berujar, “Al-Qur’an telah menunjukkan penyakit dan obat kalian. Adapun penyakit kalian adalah dosa, dan obat kalian adalah istighfar.” (Kitab Ihya’Ulumiddin : 1/410).

Istighfar juga mempunyai kedudukan yang tinggi dalam diri seorang hamba, bahkan Allah memadukannya dengan iman ketika menjelaskan tentang orang– orang kafir di Makkah:

“Dan tidak ada sesuatupun yang menghalangi manusia dari beriman, ketika petunjuk telah datang kepada mereka, dan dari memohon ampun kepada Tuhannya, kecuali (keinginan menanti) datangnya hukum (Allah yang telah berlalu pada) umat-umat yang dahulu atau datangnya azab atas mereka dengan nyata”. ( QS Al-Kahf : 55)

Istighfar juga menjadi penyebab turunnya kasih sayang Allah.

Allah berfirman: “Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun”( Al Anfaal 23).

Rasulullah SAW bersabda: “Barang Siapa yang melazimkan Istighfar setiap hari, niscaya Allah SWT akan menjadikan setiap kegundahan menjadi ketenangan, dan Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap kesempitan, dan Allah SWT akan memberikan rezeki yang halal tanpa dia duga”. (Riwayat Abu Daud, AnNasa’i, Ibnu Majah, dan Hakim ).

Dalam Istighfar juga terdapat maslahah yang tidak diketahui oleh seorang hamba. Seorang ulama salaf pernah berkata: “Dosa seorang hamba bisa membawanya ke surga, dan amal baik seorang hamba bisa membawanya ke neraka. Lalu mereka berkata: Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ketika seorang hamba berbuat dosa, ia menangis kala mengingatnya, lalu menyesal dan akhirnya beristighfar dan bertaubat kepada-Nya berusaha melakukan perbuatan baik tanpa mengulangi lagi dosa tersebut, maka ia akan mendapatkan rahmat-Nya dan masuk surga.

Sebaliknya, ketika ia berbuat baik, kemudian ia riya’, sombong, ta’jub atas pujian orang kepadanya, maka ia akan mendapat kemurkaan Allah dan akhirnya masuk neraka.”

Doa Sayyidul Istighfar

Jika istighfar adalah meminta ampunan, adapun sayyidul istighfar adalah doa istighfar yang paling utama, karena sayyidul istighfar adalah raja dari semua macam doa meminta ampun.

Dalam sebuah hadis, umat Islam dianjurkan untuk berdoa dengan sayyidul istighfar setiap selesai sholat sebanyak tiga kali, sebagaimana Rasul mencontohkannya. Berikut doa tersebut

اللَّهُمَّ أنْتَ رَبّي لا إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ وأنا على عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا صَنَعْتُ أبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عليَّ وأبُوءُ بِذَنْبي فاغْفِرْ لي فإنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mas tatha’tu a’uudzu bika min syarri ma shana’tu abuu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abuu-u bi dzanbii faghfir lii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa ant(a)

Artinya: Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu, aku akan setia pada janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Kuakui segala nikmat-Mu atasku dan aku akui segala dosaku (yang aku perbuat). Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.