Gus Yahya Tegaskan NU Solid: Kultural-Struktural Enggak Relevan, Semua Satu NU

KH. Yahya Cholil Staquf (foto: ist)

banner 800x800

banner 400x400

 

Jakarta, Hajinews.id – Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menegaskan hingga saat ini Nahdlatul Ulama (NU) tetap solid. Tokoh-tokoh yang berpengaruh secara kultural maupun struktural, kata dia, satu barisan.

Bacaan Lainnya

“Semuanya sekarang ikut dalam satu barisan, karena orang sudah merasakan adanya semangat baru di dalam ber-NU, sehingga hari ini sih, di dalam forum ini semua yang berpengaruh secara kultural maupun struktural semua ada di sini dalam satu barisan,” tegas ulama yang kerap disapa Gus Yahya ini saat menghadiri Konferensi Besar (Konbes) NU 2022 di Hotel Yuan Garden, Jakarta, Jumat (20/5).

Gus Yahya memastikan istilah kultural dan struktural di tubuh NU sudah tidak ada lagi. Menurutnya, semua tokoh dan warga NU satu suara. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah ulama dan tokoh berpengaruh yang bersinergi di NU.

“Bisa kita lihat di dalam forum ini (Konbes NU), semua yang berpengaruh secara kultural maupun struktural semua ada di sini dalam satu barisan, ada Kiai Mustofa Bisri di sini, ada Habib Zain bin Smith di sini, semua ada di sini sehingga orang ngomong kultural struktural enggak relevan sekarang, semua ini satu NU,” terangnya.

Belakangan ramai soal dinamika politik pada tubuh NU terkait kultural dan struktural. Istilah kultural merujuk pada ulama maupun warga NU akar rumput yang mengedepankan nilai-nilai tradisi NU. Sementara struktural identik dengan ulama maupun warga NU yang berpengaruh dan terlibat pada struktur organisasi.

Istilah NU kultural ini disinggung oleh Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang mengunggah foto kaus bertuliskan ‘Warga NU Kultural Wajib Ber-PKB, Struktural Sakarepmu’.

Cak Imin mengaku mendapatkan foto itu dari Kiai Imam Jazuli Cirebon. “Keren banget kausnya, matur nuwun kiai,” ungkap Cak Imin dalam akun Instagram @cakiminow.

Terkait kaus ini, Gus Yahya enggan menanggapinya dan tak mau ambil pusing.

“Ya gimana ya ini soal kualitas ya kita tanggapi yang berkualitas saja lah,” terangnya.

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.