Hikmah Malam : 4 Hal yang Dapat Menerangi dan Menyelamatkan dari Siksa Kubur


banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id- Setelah manusia meninggal dunia, tempat pertama yang akan dituju sebelum ke alam akhirat adalah alam kubur atau alam barzah.

Bacaan Lainnya

Di alam kubur ini manusia akan mulai mempertanggung jawabkan dan merasakan sebagian ganjaran dari amal perbuatannya semasa hidupnya di dunia.

Jika ia selamat di alam kubur maka perjalanan selanjutnya akan semakim mudah, tetapi jika tidak maka perjalanan selanjutnya akan semakin sulit.

Lantas amalan apa saja yang dapat menyelamatkan dan menerangi alam kubur?

Berikut 4 hal yang dapat menyelamatkan dan menerangi alam kubur yang dikutip Kabar Banten dari channel youtube NS BOR CHANNEL:

1. Menjaga salat 5 waktu.

Salat merupakan kunci utama bagi umat islam yang sangat penting, karena salat merupakan perintah langsung dari Allah SWT dan sebagai pembeda dengan orang-orang kafir.

Orang yang rajin menjaga salatnya bisa menjadi sebab penerang dirinya kelak di alam kubur.

Rosulullah SAW bersabda: “Salat adalah cahaya, sedekah merupakan bukti nyata, sabar dan Alquran adalah pembelamu dan penuntunmu”. (HR. Muslim).

Dalam kesempatan lain Nabi muhammad SAW bersabda tentang kuburan seorang wanita yang berkulit hitam yang bertugas membersihkan mesjid, wanita itu meninggal dan beliau mensalatkan wanita itu diatas kuburnya, kemudian beliau bersabda: “Sungguh kuburan-kuburan ini penuh dengan kegelapan atas penghuninya, dan sungguh Allah aza wa jala akan menerangi untuk mereka dengan salatku atas mereka”. (HR. Muslim).

2. Meperbanyak sedekah.

Berbagi atau bersedekah merupakan ibadah sosial yang sangat dianjurjan dalam islam.

Sedekah dapat menjadi penerang alam kubur, karena sedekah merupaka salah satu amal yang jika dilakukan pahalanya akan terus mengalir kepada pelakunya walaupun ia sudah meninggal dunia.

Hal ini sebagainana dijelaskan dalam sebuah hadis: ” jika anak cucu adam meninggal dunia semua amal perbuatannya terputus kecuali 3 hal yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang mendoakan orangtunya”. (HR. Muslim).

Begitu besarnya keutamaan sedekah ini, sehingga tidak hanya sebagai penerang alam kubur dengan sedekah seseorang dapat terhindar dari siksa alam kubur.

Hal ini jelaskan dalam sebuah hadis: ” Sedekah akan memadamkan api siksaan di alam kubur” (HR. Ath- Tabrani).

3. Memperbanyak membaca Alquran.

Al-qur’an adalah kitab suci dan pedoman hidup umat, islam dengan sering membacanya seseorang akan mendapat keutamaan diantaranya: penolong di hari kiamat, penerang di alam kubur dan penghalang dari siksa api neraka.

Sebagaimana dijelaskan dalam senuah hadis: ” Bacalab Al-qur’an karena sesunggubnya dihari kuamat nanti ia akan menjadi stafa’at kepada orang-orang yang mengikutinya”. (HR. Muslim).

Dalam suatu riwayat dari Al bazzar, kelak Al qur’an akan menjelma menjadi orang yang tampan yang akan menemani mayit di alam kubur.

Ia juga akan memberikan tempat tidur yang indah kepada mayit yang semasa hidupnya selalu gemar membaca Alquran.

4. Memperbanyak membaca tasbih.

Orang yang selalu berdzikir bertasbih dan tahmid berarti dirinya selalu terhubung kepada Allah SWT.

Dengan demikian ia akan mendapatkan cinta dan kasih sayang dari Allah dan penerang di alam kubur dan pembebasan dari siksa kubur.

Sebagaimana riwayat dari Imam Thabrani, Nabi Muhamad SAW menyatakan bahwa: tasbih dapat meringankan panasnya siksa kubur.

Selain itu bacaan tasbih juga dapat menjadi timbangan amal di hari kiamat.

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis: ” Dua kalimat yang dicintai oleh ar-rahman ringan diucapkan di lisan namun berat ditimbangan amal yaitu ” Subhanallah wabihamdihi subhanallah Hil adzim” (maha suci Allah segala puji untuknya, maha suci Allah yang maha mulia).” (HR. Bukhari Muslim)

Itulah 4 hal yang dapat menjadi penerang di alam kubur dan terbebas dari siksa kubur, semoga kita semua bisa mengamalkannya agar terbebas dari siksa kubur.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.