Kiai Mahrus Lirboyo: Ini 4 Hal Bisa Angkat Derajat Seseorang

Angkat Derajat Seseorang
KH. AHS Zamzami Mahrus

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.id, Jakarta – Pengasuh Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, KH. AHS Zamzami Mahrus menyampaikan ada 4 (empat) hal yang membuat seorang bisa diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Kiai Mahrus mengatakan pertama adalah ilmu. Hal ini menjadi sangat penting sekali karena memang Allah cinta kepada orang-orang yang mencari ilmu, khususnya adalah ilmu agama.

Bacaan Lainnya

“Tidak semua orang tua mengerti ilmu agama. Maka bila anak dididik dengan ilmu agama, maka anak mampu menaikkan derajat orang tua. Maka dahulukan anak dididik dengan agama setelah itu silakan belajar ilmu yang lain,” kata Kiai Mahrus Lirboyo, dilansir dari NU Online, Rabu (11/05/2022).

Kedua, kata beliau yang bisa mengangkat derajat adalah adab. Seseorang yang memiliki adab, menurut Kiai Mahrus adalah termasuk sebaik-baiknya manusia.

“Diutusnya Nabi ke dunia ini juga dalam rangka misi memperbaiki akhlak sebagaimana haditsnya; Sesungguhnya aku (Nabi Muhammad) diutus untuk menyempurnakan budi pekerti (Akhlak),” sambungnya.

Ketiga adalah jujur. Sifat ini akan mengangkat derajat seseorang karena kejujuran akan membimbing kepada kebaikan. Rasulullah dalam haditsnya menegaskan bahwa kebaikan akan membimbing seseorang jalan menuju surga.

Keempat adalah lanjut Kiai Mahrus amanah yang dengan sifat ini, seseorang akan mampu menjaga baik segala apa yang dititipkan kepadanya.

“Keempat hal ini akan menjadi wasilah dikumpulkannya anak-anak dan orang tuanya beserta guru-gurunya di akhirat kelak,” pungkasnya.

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.