Hikmah Siang : 5 Manfaat dan Keajaiban ketika Menjalankan Puasa


banner 800x800

banner 400x400

 

Hajinews.id – Selama bulan Ramadhan, bagi umat muslim menjadi saat-saat berpuasa. Selama sebulan, yang menjalankan ibadah puasa harus menahan haus, lapar, dan segala hal yang membatalkan.

Bacaan Lainnya

Meski berat bagi beberapa orang, terutama yang baru mulai belajar, seiring dengan bertambahnya waktu, lama kelamaan tentu akan terbiasa dengan berpuasa.

Mengutip dari Magnificent Online, ternyata menjalankan ibadah puasa memiliki manfaat serta dapat menimbulkan keajaiban tersendiri dalam kehidupan kita. Manfaat dan keajaiban itu baik secara jasmani maupun rohani.

Berangkat dari sana, berikut lima manfaat serta keajaiban yang ditimbulkan dari kegiatan ibadah puasa.

1. Menurunkan berat badan
Salah satu manfaat berpuasa adalah bisa menurunkan berat badan. Pasalnya, perut akan mengonsumsi yang sudah tersimpan dan ketika berbuka akan lebih banyak minum daripada makan.

Mengurangi makan, secara bertahap dan dilakukan sesuai kebutuhan gizi, dipercaya dapat mengecilkan perut. Juga, membentuk kebiasaan makan untuk hidup, bukan malah sebaliknya.

2. Meninggalkan kebiasaan buruk
Selain menurunkan berat badan, puasa di bulan Ramadhan bisa menjadi waktu tepat untuk belajar menanggalkan kebiasaan buruk. Kebiasaan tersebut baik secara sikap maupun kegiatan mengonsumsi makanan.

Nantinya, bagi yang berpuasa, bisa lebih sehat secara psikologis bila menahan amarah dan hawa nafsu. Sementara tubuh juga lebih sehat dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, makanan manis, serta rokok yang berlebih.

3. Sehat berbuka dengan kurma
Berbuka dengan kurma memiliki banyak keutamaan. Selain merupakan sunah Nabi Muhammad SAW, kurma juga merupakan buah yang bagus untuk pencernaan lantaran mengandung multi-serat, potassium, hingga vitamin untuk menghasilkan energi.

4. Secara psikologis melawan penyakit
Ketika berpuasa, pikiran cenderung menantang diri sendiri dengan merespons stres. Nantinya, jalur respons stres yang aktif dapat membantu untuk mengatasi rasa stres sehingga membantu melawan berbagai jenis penyakit.

5. Sebagai detoks alami
Ketika seseorang tidak mengonsumsi apapun, baik makan ataupun minum, tubuh akan secara otomatis melakukan detoksifikasi dari semua racun yang ada pada lemak, terutama pada sistem pencernaan. Karenanya, puasa Ramadhan bisa disebut detoks alami.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.