Indonesia : Masih Beradab?

Indonesia : Masih Beradab?
Indonesia : Masih Beradab?

banner 800x800

banner 400x400

Oleh : Kang Jana Tea

Hajinews.id – Bangsa Indonesia selama ini dikenal sebagai masyarakat yang ramah, santun, saling tolong menolong dan sifat-sifat bagus lainnya. Tetapi belakangan ini kita patut bertanya, apakah sifat-sifat baik ini masih ada atau sudah tiada.?

Bacaan Lainnya

Kalau ukurannya adalah keterbelahan masyarakat yang disebabkan oleh ulah para oligarki, para politisi, para penguasa beserta rombongan buzzernya, rasanya kita patut untuk merenungkan lebih dalam.
Hakikat dan nilai-nilai sila kedua “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab“, telah dipunggungi oleh mereka demi ambisi dan kelanggengan kekuasaan.

Apalagi kalau kita melihat apa yang terjadi di media sosial. Bagi orang-orang yang berusaha menjaga spirit akal sehat, semangat kebangsaan dan kebersamaan dalam gotong royong, saling asah, asih dan asuh, hampir-hampir dibuatnya putus asa.

Mengapa demikian.? Karena kita menyaksikan ada sekelompok orang yang bebas memaki, menghujat, melecehkan dan menista orang atau kelompok lain setiap waktu, hampir tanpa jeda dan tidak pernah dimintai pertanggungjawaban.

Kerusakan yang mereka timbulkan sangatlah parah. Masyarakat terbelah sangat dalam dan luas, yang bisa jadi membawa bangsa ini ke dalam perpecahan dan kehancuran.

Mengapa mereka berani melakukan hal tersebut.?
Karena mereka ditengarai bagian dari kekuasaan dan dengan sangat prihatin kita dapat menyatakan bahwa hukum kita saat ini lebih mengabdi kepada kekuasan bukan demi kebenaran dan keadilan.

“Tegakkan hukum walau langit akan runtuh”, masih berupa harapan kita semua. Saat ini hanyalah slogan kosong, tanpa makna.

Dalam keruwetan situasi seperti ini dan yang berpotensi menghancurkan bangsa dan negara ini, diperlukan Sosok Pemimpin yang benar-benar seorang negarawan.
Orang yang benar-benar paham Pancasila.
Orang yang bisa menjadikan hukum sebagai Panglima.
Orang yang antara kata dan perbuatannya sejalan.
Orang yang mampu menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok, keluarga dan dirinya.
Orang yang sadar bahwa bangsa ini sedang menuju kehancuran dan harus segera diselamatkan.
Orang yang hati, pikiran sampai mimpi-mimpinya adalah tentang bagaimana menjadikan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang besar, maju, adil dan beradab.

Adakah orang seperti ini.?
Insya Allah ada sekalipun mereka adalah kelompok kecil.
Tetapi sejarah telah membuktikan bahwa kelompok kecil kreatif dan teguh dalam prinsip serta ideologi adalah mereka yang mampu melakukan perubahan dan perbaikan bangsanya menuju kejayaannya.

Allahu a’lam

Bersambung..

Tebet, 15.05.22


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.