Satgas Ungkap Indonesia Tak Lagi dalam Kondisi Darurat Covid-19





Hajinews.id — Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, Indonesia tak lagi berada dalam kondisi kedaruratan pandemi Covid-19.

Menurutnya, pandemi di Tanah Air sudah mulai bertransisi menuju endemi.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

“Bisa dikatakan bahwa saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam merespons pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi,” kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (10/5/2022), dikutip dari Kompas.com.

Wiku menjelaskan, kondisi tersebut tercermin dari menurunnya dampak Covid-19 terhadap perilaku sosial dan ekonomi masyarakat.

Hal itu ditunjukkan dengan pertumbuhan ekonomi meningkat, angka pengangguran menurun, indeks belanja mulai meningkat, dan mobilitas masyarakat keluar rumah.

“Dan sebagaimana yang tertera data Covid-19 terkini nampak adanya penurunan tren angka kasus, perawatan di RS, termasuk layanan intensif dan kematian,” ujar dia.

Namun demikian, Wiku mengatakan, pemerintah tetap melakukan pengawasan terhadap perkembangan kasus Covid-19 untuk mempertahankan kondisi yang membaik.

Pemerintah tak ingin gegabah dalam mengubah kebijakan pengendalian pandemi Covid-19.

“Untuk itu PPKM masih tetap tetap diberlakukan sebagai instrumen pengendalian Covid-19 yang secara fakta telah mampu melandaikan kondisi kenaikan kasus dan mempertahankannya hingga saat ini,” ucap dia.

Kemudian, Wiku meminta masyarakat untuk disiplin menggunakan masker agar terhindar dari penularan virus Corona.

“Kita perlu meyakini bahwa pandemi ini sebagaimana pada penyakit, cepat atau lambat akan usai,” kata dia.(dbs)

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.