Hikmah Pagi : Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah di Masjid





 

 

Bacaan Lainnya


banner 400x400

 

 

Hajinews.id — Sholat Subuh berjamaah di masjid memiliki keutamaan yang besar. Namun sayangnya banyak Muslim mengabaikannya karena lebih memilih untuk meneruskan tidurnya, dibandingkan bangun untuk melaksanakan sholat Subuh.

Begitu banyak keberkahan yang dilimpahkan kepada Muslim yang melakukan sholat Subuh berjamaah di masjid. Pertama yakni sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadits yang diriwayatkan dari Sokhr bin Wida’ah al-Ghamidi.

Dalam hadits ini, Rasulullah SAW berdoa, “‘Ya Allah berkahi umatku di waktu paginya.’ Karena itu pula, Nabi SAW biasa mengutus pasukan perang pada pagi hari. Sahabat Sokhr al-Ghamidi merupakan pedagang, yang mengirim atau membuka dagangannya di pagi hari, kemudian, ia menjadi kaya dan hartanya bertambah.” HR Ibnu Hibban)

Kedua, dilimpahkan rezeki yang berkah. Ketiga, jiwa menjadi tenang. Keempat, diganjar pahala yang besar. Kelima, mendapat jaminan dilindungi Allah SWT. Keenam, disaksikan dan dihormati para malaikat. Ketujuh, didoakan para malaikat dan dosa-dosanya diampuni.

Kedelapan, sholat Subuh yang sebelumnya disertai qiyamullail maka setara dengan qiyamullail sepanjang malam. Kesembilan, dimasukkan ke dalam surga. Kesepuluh, diganjar pahala haji dan umrah. Kesebelas, lebih dekat dengan Allah SWT. Keduabelas, sholat Subuh berjamaah di masjid itu lebih baik dari dunia dan isinya.

Ketigabelas, sholat Subuh berjamaah di masjid menjadi penerang pada Hari Kiamat. Rasulullah SAW bersabda, “Berbahagialah mereka yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid, karena akan menjadi penerang pada Hari Kiamat kelak.”

Keempatbelas, diselamatkan dari api neraka. Kelimabelas, dijamin keimanannya dan dijauhkan atau dilindungi dari kemunafikan. Keenambelas, terhindar dari adzab Allah SWT. Ketujuhbelas, doa yang dipanjatkan setelah sholat Subuh berjamaah di masjid, dikabulkan Allah SWT.

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.