Kisah Haji Sukses: Miliarder Muslim Berharta Rp87 Triliun Ini Pengendali 300 Perusahaan Tambang di Rusia

Iskander Makhmudov
Iskander Makhmudov




Hajinews.id Iskander Makhmudov adalah salah satu miliarder paling berpengaruh di Rusia. Pengusaha muslim ini adalah presiden dan pemegang saham terbesar Ural Mining & Metallurgi Company (UMMC).

Bacaan Lainnya


banner 400x400

UMMC merupakan penambang batu bara dan produsen tembaga terbesar kedua di Rusia dan menguasai 300 perusahaan pertambangan yang tersebar di seluruh Rusia. Dalam daftar Forbes, pengusaha 58 tahun memiliki kekayaan sebesar 6 miliar dolar AS atau setara Rp87,4 trilun.

Mengutip iskander-makhmudov.com, dia lahir di Bukhara, Uzbekistan pada 5 Desember 1963. Setelah meraih gelar dalam studi Timur dari Universitas Negeri Tashkent (Uzbekistan) dan pengalaman pertamanya di Libya dan Irak, Iskander Makhmudov bergabung dengan Uzbekintorg, di mana dia bekerja sebagai kepala spesialis ekspor untuk perusahaan tersebut.

Pada 1996, Iskander Makhmudov menjadi direktur perusahaan Gaï, pemimpin dalam ekstraksi dan pengayaan tembaga. Kemudian pada 1999, Iskander Makhmudov mendirikan UMMC. UMMC di masa depan berkembang pesat dan menjadi salah satu pemain kunci di industri Rusia, mengendalikan banyak perusahaan dengan beragam spesialisasi mulai dari metalurgi hingga konstruksi mekanis dan pertambangan.

Iskander Makhmudov juga memiliki saham di beberapa grup besar seperti Transmashholding, produsen mesin kereta api, dan Kuzbassrazrezugol, yang berspesialisasi dalam pertambangan batu bara. Dia juga merupakan pemegang saham AeroExpress, sebuah perusahaan jasa transportasi penumpang kereta api yang beroperasi antara Moskow dan bandara-bandaranya.

Selain sebagai tokoh industri besar di Rusia, Iskander Makhmudov merupakan seorang filantropis terkenal dan sponsor dari beberapa badan amal.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.