Menurut Anda Apa Seh Pekerjaan Terbaik Seorang Muslim?

Pekerjaan Terbaik Seorang Muslim
Pekerjaan Terbaik Seorang Muslim




Hajinews.id – PERNAHKAH kamu bertanya-tanya tentang adanya pekerjaan terbaik bagi seorang muslim? Karena bagi seorang yang beriman, menjalani kehidupan dengan cara terbaik harus menjadi cita-cita demi meraih kehidupan akhirat yang lebih baik lagi.

Muslim yang taat akan terus mencari ridha Allah SWT dalam setiap perbuatannya ketika di dunia, termasuk dalam hal pekerjaan. Maka tak heran jika kita bertanya-tanya terkait pekerjaan terbaik bagi seorang muslim.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Melansir laman aboutislam dosen senior di Institut Islam Toronto, Ontario, Kanada, Syekh Ahmad Kutty menjelaskan seorang muslim tidak harus memilih menjadi imam atau sarjana Islam untuk mendapatkan sumber hidup dan pekerjaan yang halal untuk menyenangkan Allah.

Apa Pekerjaan Terbaik Seorang Muslim?

Mencari Nafkah, bekerja dalam islam, pekerjaan terbaik

Islam mengajarkan kita bahwa seseorang dapat memilih pekerjaan terbaik yang disukai dan juga bermanfaat sehingga dapat berkontribusi kepada masyarakat.

Jika pekerjaan terbaik yang dipilihnya tersebut diniatkan untuk melayani Allah dengan memberi manfaat bagi ciptaan-Nya, maka hal ini dibolehkan. Apapun yang menjadi pilihan kita, yang penting kita bisa berkontribusi pada masyarakat.

“Jadi, cari tahu apa bakat kita dan bagaimana kita bisa unggul di dalamnya. Jika kita dapat unggul dalam pengobatan dan berharap dapat melayani orang melaluinya, kita harus melakukannya,”ujar dia.

Seperti yang kita ketahui, dalam kedokteran itu sendiri, ada area di mana kita dapat memilih untuk berspesialisasi, jadi fokuslah pada hal itu untuk memberikan kontribusi unik kita.

“Jika, sebaliknya, bakat kita adalah untuk hukum, maka lakukanlah. Tetapi pastikan untuk menggunakan profesi kita untuk membela hak-hak mereka yang tertindas, ”ujar dia.

Contoh lain, jika kita tertarik dengan teknik , atau mengajar, atau menulis atau ilmu sosial, maka kita tidak perlu menganggapnya kalah dengan yang di atas. Bidang apa pun di mana kita bisa unggul dan bermanfaat bagi masyarakat dapat dipilih.

Dalam sebuah hadits disebutkan,

“Selalu berusaha untuk memenuhi tujuan yang bermakna dan bermanfaat dan berusaha keras untuk mencapainya dengan bertawakal kepada Allah. Jika, setelah mengeluarkan yang terbaik dari usaha Anda, Anda menemukan diri Anda kewalahan dan tidak dapat melanjutkan, katakan itu adalah kehendak Allah’.

Apa Pekerjaan Terbaik Seorang Muslim?

(Dan kemudian tinggalkan dan pilih yang lain) Dan jangan pernah mengatakan pada diri sendiri: Saya berharap saya telah melakukan ini atau itu, untuk diri sendiri pembicaraan hanya akan membantu iblis bermain dengan pikiranmu.” ( Muslim )

Kesimpulannya, mengejar tujuan yang sesuai, mencapai keunggulan, dan mencari keridhaan Allah dengan mendapatkan sumber kehidupan yang halal dan melayani umat manusia. Dan jangan pernah lalai berdoa, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat dan lindungi kami dari siksa api neraka. []

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.