Jokowi Tegaskan Bakal Terus Setop Ekspor Bahan Mentah Apa pun Risikonya





JAKARTA, Hajinews.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan ter menghentikan ekspor bahan mentah satu per satu, apa pun risiko yang harus dihadapi.

“Dengan risiko apa pun, satu per satu (ekspor bahan mentah) akan saya setop,” kata Jokowi dalam sambutannya pada acara pelepasan ekspor perdana 2022 smelter grade alumina produksi PT Bintan Alumina Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (25/1).

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Mantan gubernur DKI Jakarta dan wali kota Surakarta itu menegaskan siap menghadapi gugatan dari berbagai pihak ketika menyetop ekspor bahan mentah tersebut. Baca Juga:Ekspor Bahan Mentah Sumber Bocornya Kekayaan Alam

“(Ekspor) bijih nikel setop, kita digugat WTO, silakan gugat. Nanti setop ekspor bauksit, setop, mesti ada gugatan, silakan gugat. Enggak apa-apa, kita hadapi,” kata dia, sebagaimana disaksikan secara virtual, di Jakarta, Selasa.

Presiden Jokowi menyatakan apabila tidak segera dihentikan, maka Indonesia akan menjadi negara pengekspor bahan mentan sejak zaman VOC.

“Kalau enggak, sejak zaman VOC sampai kapanpun, kita akan menjadi pengekspor bahan mentah, bahan mentah, enggak rampung-rampung. Pala, cokelat, semuanya, rempah-rempah semuanya. Yang menikmati yang punya nilai tambah, yang menikmati yang punya industri,” paparnya.Baca Juga:Kata-Kata Jokowi soal Setop Ekspor Nikel Tak Main-Main, Ini Buktinya

Dia kembali menyampaikan yang paling penting dari hilirisasi industri adalah tidak lagi mengekspor bahan mentah.

Oleh karena itu, dia menegaskan, Indonesia harus mulai segera mengekspor barang-barang jadi atau setengah jadi.(dbs)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.