Omicron Makin Ganas, Perkuat Imun Tubuh dengan 5 Makanan Ini





Jakarta, Hajinews.id — Saat ini, kasus penularan Omicron di Tanah Air makin merajalela. Tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, menjaga jarak sosial (social distancing/ physical distancing), berolahraga dan cukup tidur memang penting untuk menurunkan risiko terpapar.

Tapi, penting juga untuk anda mempersiapkan sistem kekebalan tubuh untuk menghadapi pandemi ini. Sayangnya, konsumsi suplemen saja tidaklah cukup. Pola makan dan hidup yang sehat setidaknya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Zareen Siddique seorang Ahli Gizi pun menyebut, makanan yang kita makan memainkan peran kunci dalam menentukan kesehatan dan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Dia pun merekomendasikan makan makanan yang kaya beta karoten, asam askorbat dan vitamin esensial lainnya dan antioksidan untuk membangun ketahanan dalam tubuh terhadap infeksi.

“Kekebalan muncul dari usus Anda. Bakteri usus bertanggung jawab untuk produksi sel T yang melawan infeksi di tubuh kita. Oleh karena itu, makanan yang meningkatkan fungsi usus adalah kunci untuk kekebalan secara keseluruhan,” beber Siddique.

Lantas, apa saja makanan terbaik untuk sistem kekebalan tubuh? Dikutip dari Pinkvilla.com, ini ulasannya!

1. Probiotik
Probiotik seperti yogurt dan makanan fermentasi seperti kimchi dapat meremajakan bakteri usus yang penting untuk penyerapan nutrisi oleh tubuh.

2. Kunyit, bawang putih, jahe, dan kunyit
Keempatnya mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang bila dikonsumsi dengan lada hitam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Bawang putih dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antivirus yang kuat yang meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi bakteri usus.

3. Buah delima
Buah ini mengandung ellagitannin yang membantu usus menumbuhkan bakteri sehat.Bakteri ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu, Beauty. Kandungan vit C, vit K dan potasium yang tinggi menambah khasiatnya untuk meningkatkan kekebalan.

4. Spirulina
Ganggang hijau biru yang tersedia dalam bentuk bubuk atau pil. Kaya akan asam amino, antioksidan dan vitamin. Spirulina mengandung protein bioaktif dengan kemampuan untuk merangsang sistem kekebalan usus.

5. Moringa atau daun kelor
Moringa ini kaya akan protein, kalsium, potasium, zat besi, kromium, magnesium, selenium, seng dan mengandung antioksidan tingkat tinggi. Moringa adalah sumber vitamin B1, B2 dan B3 yang baik. Daunnya mengandung semua asam amino esensial, seng, vitamin C dan antioksidan lain yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, minum teh yang terbuat dari bunga dan daun kelor yang direbus sangat bagus.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.