Kemenkes: 87 Jemaah Umrah yang Pulang Positif Covid, 10 Orang Kena Omicron





 

Jakarta, Hajinews.id – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI Siti Nadia Tirmidzi mengonfirmasi terdapat 87 jamaah umrah Indonesia yang sudah kembali ke nusantara positif virus corona (Covid-19) per Kamis (20/1). Dari jumlah itu, sebanyak 10 orang probable Covid-19 varian omicron.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

“Iya benar ada 87 kasus positif. 10 probable [Omicron],” kata Nadia saat dikonfirmasi.

Terpisah, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Nur Arifin membenarkan data Kemenkes tersebut.Nur Arifin menceritakan sebanyak 414 jemaah umrah perdana yang berangkat ke Saudi sejak awal keberangkatan melalui Bandara Soekarno-Hatta hingga melaksanakan umrah di Saudi selalu negatif virus corona.

Hal itu dibuktikan dengan rentetan hasil tes PCR yang dilakukan sejak di Asrama Haji Pondok Gede di lokasi karantina di Arab Saudi hingga hendak pulang ke Indonesia.

“Lalu mereka kan dibolehkan umrah. Sehari sebelum kepulangan [ke Indonesia] di PCR lagi 100 persen negatif. Selama di Saudi negatif terus. Lalu pulang mereka ke Indonesia. Sampai ke Indonesia dari 414 itu ada 87 yang positif,” kata Nur.

Nur mengklaim 87 jemaah umrah yang positif itu kini tak mengalami gejala serius. Mereka tengah menjalani masa karantina hingga sembuh.

Ia memastikan bahwa Kementerian Agama akan terus memperketat protokol kesehatan para jemaah umrah asal Indonesia. Salah satunya dengan terus memperketat one gate policy atau kebijakan satu pintu untuk umrah di Asrama Haji Jakarta.

“Berangkat dari sini kami terus mengetatkan. Memastikan jemaah prokes menjaga ketat. Kami rapat dengan Kemenkes, KKP, Kemenhub rapat terus pastikan itu,” kata Nur.

Sebagai informasi, Kerajaan Arab Saudi telah membuka penangguhan (suspend) penerbangan bagi jemaah umrah asal Indonesia pada 1 Desember 2021 lalu.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas telah memastikan pemberangkatan umrah tetap berlanjut di tengah pandemi virus corona. Pelaksanaan ibadah umrah juga akan tetap berjalan melalui mekanisme one gate policy. Kemudian Kemenag RI telah memberangkatkan jemaah umrah perdana dari Indonesia di tengah pandemi Covid pada 8 Januari 2022 lalu.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.