Hikmah Pagi : Enam Jalan Kebahagiaan yang Sesuai Sunnah





Hajinews.id – Kita sering berbicara tentang kebahagiaan sebagai sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan terus-menerus berlomba-lomba mencari Jannah, merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang ingin bahagia di dunia dan di akhirat.

Melansir laman aboutislam.net, Kamis (20/1/2022), kita bisa menumbuhkan kebahagiaan dalam kehidupan kita sehari-hari tanpa mengorbankan Sunnah. Bahkan, dalam Sunnah kita dapat terus-menerus merasa bahagia dan bersyukur atas semua nikmat Allah, dan dalam rahmat -Nya Allah memberikan jalan untuk kebahagiaan.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Pertama, kebahagiaan dengan berolahraga

Nabi Muhammad mendorong gaya hidup yang seimbang dan sehat. Adalah Sunnahnya bahwa orang-orang beriman harus menunggang kuda, memanah, berenang, (dan gulat). Ini adalah olahraga sunnah yang membangun kekuatan dan stamina, latihan secara umum selama dilakukan dalam parameter syari’ah dianjurkan. Karena melepaskan endorfin, hormon perasaan baik, yang juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami terhadap penyakit, baik fisik, maupun mental.

Kedua, kebahagiaan ditemukan dalam hubungan dengan lingkungan alam

Nabi Muhammad adalah penasehat terbesar bagi lingkungan, jauh sebelum karya-karya advokasi kelompok alam, seperti Green Peace dan WWF. Nabi Muhammad mendorong penanaman pohon dan kebaikan sepenuhnya terhadap hewan.

Dia juga akan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, baik berolahraga, berjalan, atau hanya duduk dengan teman-temannya.

Ketiga, kebahagiaan melalui Makanan

Nabi Muhammad menikmati makanannya dengan sangat serius, tidak berlebihan, dan dengan etika yang tepat.

Makanan alami adalah awal yang baik untuk kebahagiaan, karena membuat tubuh tetap sehat dan suasana hati terangkat. Banyak makanan alami seperti, cokelat hitam, yoghurt, dan madu, juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, di tengah dunia konsumen yang dipenuhi dengan makanan olahan, junk food, dan makanan cepat saji.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.