Hikmah Siang : 3 Golongan Manusia yang Diharamkan Masuk Surga





Hajinews.id– Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengharamkan tiga golongan manusia untuk masuk ke surga.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga: pecandu minuman keras, anak durhaka, dan laki-laki yang membiarkan tindak kekejian terjadi di tengah keluarganya”. (HR Ahmad).

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Melansir Merdeka.com, pecandu minuman keras atau barang-barang haram lainnya diharamkan masuk surga oleh Allah SWT. Hal itu karena minuman keras mempunyai dampak buruk bagi kesehatan fisik dan berujung pada rusaknya organ tubuh.

Sabda Rasullullah, “Allah melaknat peminum khamar, yang menyuguhkannya, yang menjualnya, yang membelinya, yang membuatnya, yang menyuruh membuat, yang memanggul dan yang menerimanya”. (HR Abu Daud dan Ibnu Majjah).

1. Peminum khamar
Pecandu minuman keras atau yang sejenisnya, seperti sabu-sabu, heroin, pil koplo, dan lain-lain tidak hanya kufur terhadap nikmat akal, yang semestinya dijaga dan dipelihara agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya, tapi malah dirusak, bahkan ingin menghilangkannya. Sungguh hal itu merupakan kejahatan yang sangat besar terhadap Allah SWT.

2. Orang yang Durhaka
Allah SWT mengharamkan surga bagi orang yang durhaka kepada orang tuanya. Karena bagi seorang anak, surga berada pada keridhaan orang tuanya.Ketika orang tua sudah tidak ridha dengan kedurhakaan anaknya, itu akan menjadi tiket masuk ke dalam neraka. Allah SWT berfirman, “Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS Al Isra [17]: 23.

3. Dayyuts
Dayyuts atau minimnya rasa cemburu dalam hal ini ditujukan dari seorang suami kepada anak dan istrinya. Dia tidak perduli apabila anak ataupun istrinya melakukan perbuatan yang mengundang dosa. Maka orang ini diharamkan masuk surga oleh Allah SWT. Adalah kewajiban suami sekaligus ayah menjaga istri dan anaknya agar tidak masuk ke dalam api neraka.

Termasuk di antaranya, seorang suami yang membiarkan istrinya keluar rumah tanpa menutup aurat, seorang suami yang membiarkan istrinya menggunjing, memfitnah atau bahkan mengadu domba orang lain, seorang suami yang membiarkan istrinya meninggalkan salat, tidak puasa, dan meninggalkan perintah-perintah Allah yang lain.

Atau seorang ayah yang membiarkan anak-anaknya terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik, seorang ayah yang membiarkan anak-anaknya berzina, minum-minuman keras, dan berbagai tindak maksiat lainnya.

Dilansir dari Islampos.com, ketiga perbuatan di atas termasuk dosa besar yang sangat dilarang oleh Allah SWT. Sehingga, tidak heran jika Allah mengharamkan para pelakunya untuk masuk surga, karena surga tidak pantas ditempati mereka yang melakukan perbuatan-perbuatan tercela tersebut.

Ketika seseorang sudah diharamkan masuk surga oleh Allah, maka tidak ada tempat lain baginya kecuali neraka. Na’udzubillahi mindzalik

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.