Dorce Gamalama Sakit Diabetes, Ini 7 Bahan Alami yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah





Jakarta, Hajinews.id – Presenter Dorce Gamalama kini tengah berjuang melawan sakit diabetes.Hingga saat ini, Dorce masih dalam proses penyembuhan setelah dirawat di rumah sakit.

Untuk diketahui, diabetes terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin sehingga glukosa (gula) menumpuk ke dalam aliran darah.Bagi penderita diabetes atau kondisi lain yang mempengaruhi gula darah, memperhatikan asupan makanan adalah hal yang sangat penting agar kadar gula darah bisa tetap stabil.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Nah, di bawah ini terdapat beberapa makanan yang bisa menjadi cara menurunkan gula darah. Apa saja?

1. Brokoli

Brokoli yang dicincang atau dikunyah bisa mengasilkan sulforaphane, jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah.Penelitian tabung, hewan, dan manusia telah menunjukkan bahwa ekstrak brokoli kaya sulforaphane yang memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi gula darah dan penanda stres oksidatif.Cara terbaik untuk meningkatkan ketersediaan sulforaphane adalah dengan mengonsumsi brokoli dan kecambah brokoli mentah atau dikukus ringan.

2. Seafood
Makanan laut atau seafood, termasuk ikan dan kerang, menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Ini membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan, serta meningkatkan perasaan kenyang.Selain itu, ini juga bisa membantu kita untuk tidak makan berlebihan dan menghilangkan lemak tubuh berlebih, di mana dua hal itu sangat penting untuk kadar gula darah yang sehat.

3. Buah beri
Sejumlah penelitian telah menghubungkan asupan berry dengan peningkatan kontrol gula darah.Buah beri sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik untuk orang-orang dengan masalah manajemen gula darah.Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa makan 250 gram raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat, secara signifikan mengurangi insulin pasca makan dan gula darah pada orang dewasa dengan pradiabetes, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Selain raspberry, penelitian telah menunjukkan bahwa stroberi, blueberry, dan blackberry dapat bermanfaat bagi manajemen gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah.

4. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral yang bisa mengontrol atau bahkan menurunkan kadar gula darah.Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa alpukat dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan melindungi terhadap perkembangan sindrom metabolik. Sindrom metabolik merupakan sekelompok kondisi, termasuk tekanan darah dan gula darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

5. Telur
Telur adalah makanan yang sangat bergizi, karena mengandung protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi telur dengan kontrol gula darah yang lebih baik. Terdapat sebuah penelitian pada 42 orang dewasa dengan obesitas dan pradiabetes atau diabetes tipe 2. Penelitian itu menunjukkan bahwa makan satu telur besar per hari menyebabkan penurunan 4,4% yang signifikan dalam gula darah, serta peningkatan sensitivitas insulin, dibandingkan dengan pengganti telur.

6. Apel
Apel mengandung serat larut dan senyawa tanaman, termasuk quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang semuanya dapat membantu mengurangi gula darah dan melindungi dari diabetes.Apel sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan mengurangi risiko diabetes.Sbuah penelitian pada 18 wanita menemukan bahwa makan apel 30 menit sebelum makan nasi, secara signifikan dapat mengurangi gula darah setelah makan, dibandingkan dengan makan nasi saja.

7. Kacang
Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang mungkin merupakan cara yang efektif untuk membantu mengatur kadar gula darah.Sebuah penelitian pada 25 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah dan almond sepanjang hari bisa mengurangi kadar gula darah puasa dan pasca makan.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.