“Al” dan “An”

"Al" dan "An"
Hasanuddin (Ketua Umum PBHMI 2003-2005), Redaktur Pelaksana Hajinews.id




Oleh Hasanuddin (Ketua Umum PBHMI 2003-2005), Redaktur Pelaksana Hajinews.id

Hajinews.id – “Al” terdiri atas huruf “alif” dan “lam”. Keduanya termasuk harfun jalalah yang menyimbolkan kekuasaan tidak terbatas yang dimiliki Allah swt, sehingga menjadikannya sebagai satu-satunya dzat yang memiliki pujian terbaik, sekaligus pemilik hak yang sebenarnya-benarnya untuk di puji. Partikel kosa kata “Al” ini senantiasa mendahului nama-nama-Nya, sebagai pengingat bahwa dari-Nyalah segala asal muasal atau penyebab setiap keadaan, dan sekaligus merupakan satu-satunya sumber pemberi eksistensi kepada semua yang non-eksisten.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Berbeda dengan “Al” yang selalu mengawali nama-nama-Nya, “AN” lazimnya ditempatkan pada akhir dari segala sesuatu yang disandarkan kepada-Nya. Misalnya; dalam kata القران (Alquran). Pada kata ini “alif” dan “nun” diakhir terbaca “an” yang berarti “sempurna”. Jika huruf Alif merupakan simbolisasi dari kehadiran Ilahiah, dan “nun” merupakan salah satu dari huruf kehadiran insaniah maka “an” pada akhir kata Al-Quran dapat bermakna

(1) bahwa Alquran merupakan bacaan yang sempurna;

(2) berasal dari Yang Mahasempurna;

(3) bagi yang membacanya dengan yakin bersama kehadiran-Nya dalam setiap bacaan itu, akan “disempurnakan” oleh bacaan yang sempurna ini.

Dalam arti, Al-quran akan menambah pengetahuan siapapun yang membacanya dengan yakin akan kesempurnaannya. Al-quran akan memandu pembacanya bukan hanya dalam hal memahaminya, namun juga akan mengingatkannya setiap saat kepada Allah. Alquran akan menyempurnakan Akhlaq bagi siapapun yang membacanya disertai dengan keyakinan akan kebenaran firman-Nya.

Perhatikanlah setiap kata yang di awali dengan “al” dan diakhiri dengan “an” akan anda temukan bahwa DIA-lah Yang Awal, DIA-lah Yang Akhir. DIA-lah Yang Memberi, dan DIA pula yang menyempurnakan pemberian-Nya.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.