Inilah Tips Merintis Usaha Laundry Hingga Mendapat Cuan Melimpah

Merintis Usaha Laundry
Merintis Usaha Laundry




Hajinews.id – Meski pandemi, Usaha laundry memang masih menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Meski masih ada pekerja harus WFH dan mahasiswa belajar di rumah, urusan pakaian kotor tetap menjadi masalah sebab kesibukan masing-masing.

Terlebih saat pandemi begini, banyak orang lebih sering mengganti baju, sehingga Usaha laundry kiloan masih menjadi peluang menggiurkan saat ini.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Tarif yang cukup murah serta hasil laundry yang lebih memuaskan ketimbang mencuci sendiri memang menjadi pilihan bagi orang-orang perkotaan.

Jika ingin menekuni Usaha laundry, yuk simak tipsnya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Cari tempat usaha laundry yang strategis

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuka laundry adalah pilih lokasi yang tepat untuk usaha laundry kamu. Kesuksesan usaha laundry memang cukup ditentukan oleh lokasi.

Akan tetapi, sesuaikan juga dengan target konsumen kamu. Membuka Usaha laundry di apartemen punya peluang yang cukup besar karena penghuni apartemen biasanya tak punya waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, dan biasanya mereka me-laundry baju sebelum mereka beraktivitas ke luar meninggalkan apartemen.

2. Menentukan harga

Usaha laundry adalah salah satu jenis Usaha yang persaingannya cukup ketat, apalagi jika lokasi yang kamu pilih sudah terdapat Usaha laundry yang sudah lebih dulu ada. Untuk itu, pastikan kamu menentukan harga yang dapat bersaing dengan Usaha laundry yang lain.

Pastikan juga bahwa harga yang kamu tawarkan sesuai dengan kualitas yang akan pelanggan kamu dapat.

Dalam penentuan harga ini kamu juga harus berkaca dari sasaran konsumen laundry kamu. Jangan sampai kamu menetapkan harga yang terlalu tinggi apabila memang kamu menyasar kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran.

Sebab kondisi ekonomi akan lebih berpengaruh pada alasan mereka memilih suatu laundry.

3. Mempersiapkan manajemen laundry yang baik

Walaupun kamu pemula, bukan berarti kamu tidak memperhatikan manajemen laundry. Percayalah, manajemen laundry yang berantakan akan membawa Usaha laundry kamu pada kehancuran.

Sudah banyak pengusaha laundry yang merasakan rugi besar hanya karena kurang memperhatikan manajemen laundrynya, terutama manajemen keuangan. Tidak tahu secara akurat berapa uang pemasukan dan pengeluaran bisa membuat laundry kamu bangkrut seketika.

4. Siapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Laundry dan Jenis Layanan

Sebelum buka usaha laundry tetapkan SOP terlebih dulu yang nantinya berlaku di laundry kamu. SOP ini penting agar kamu tidak kelimpungan mengatur laundry. Agar sistem di laundry berjalan dengan baik, kamu perlu menerapkan SOP mulai dari penerimaan cucian, pencucian, pengeringan, penyetrikaan, pengemasan, hingga penyerahan laundry.

Selain SOP, jenis layanan juga harus disiapkan. Apakah kamu hanya fokus pada laundry kiloan saja, atau kamu juga ingin membuka layanan laundry satuan. Untuk jenis layanan ini pertimbangkan juga keahlian laundry kamu.

5. Perhatikan Waktu

Waktu adalah hal yang cukup krusial dalam Usaha laundry. Untuk itu, sebaiknya kamu sangat menghargai waktu.

Sebab ketepatan waktu akan sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan kamu. Jika kamu tidak dapat mengatur waktu dengan baik, bukan tidak mungkin jika usaha kamu gagal akibat reputasi atau penilaian yang buruk dari pelanggan. Ingat, review pelanggan akan sangat menentukan keberlangsungan Usaha kamu.

Jadi, pastikan saat kamu menjanjikan waktu kepada pelanggan, mereka dapat menerima pakaiannya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Jangan sampai ketika pelanggan datang untuk mengambilnya, kamu bilang bahwa pakaian mereka belum selesai dicuci.

Kekecewaan pelanggan dapat menjadi mimpi buruk kamu. Mereka dapat menceritakan pengalaman buruk mereka kepada orang lain dan dapat berpengaruh pada menurunnya kinerja Usaha kamu. Untuk itu, pastikan bahwa kamu dapat menghargai waktu agar pelanggan puas dengan pelayanan kamu.  [akrt]

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.