Inilah 4 Golongan Manusia yang Dirindukan Surga, Salah Satunya Orang yang Selalu Menjaga Lisannya

Golongan Manusia yang Dirindukan Surga
Menjaga Lisannya




Hajinews.id Surga merupakan tempat terindah yang dijanjikan Allah SWT untuk hamba-hambanya yang beriman dan bertakwa.

Didalam surga berisi kenikmatan dan kebahagiaan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Allah SWT berfirman “maka tidak seorangpun yang mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan”. (QS. As-sajdah : 17).

Tidak hanya manusia yang merindukan masuk surga ternyata surga juga merindukan manusia.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda “siapa yang miminta surga sebanyak tiga kali, maka surgapun akan berkata, ya Allah masukanlah ia ke surga, dan siapa yang memohon perlindungan dari api neraka sebanyak tiga kali, maka nerakapun berkata ya Allah lindungilah dia dari neraka ( HR. Ahmad Nasai dan Tirmidzi).

Dikutip dari channel youtube Nasihat Muslim, berikut 4 golongan manusia yang dirindukan surga:

1. Orang yang senantiasa membaca Al Quran

Al Quran adalah wahyu yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhamad sebagai pedoman bagi umat manusia.

Orang yang rajin membaca Al Quran adalah orang yang dirindukan surga.

Bahkan begitu besarnya pahala orang yang membaca Al Quran sehingga setiap huruf yang dibaca Allah akan balas dengan sepuluh kebaikan.

Rasulullah bersabda ” barang siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka ia akan dapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan (HR.Tirmidzi).

Dan barang siapa yang membaca, memahami dan mengamalkannya, maka Al Quran itu akan datang menberi syafaat di hari kiamat.

Seperti sabda Rosulullah ” bacalah Al-qur’an karena Al-qur’an akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

2. Orang yang selalu menjaga lisannya

Menjaga lisan dari berkata kotor, mengupat, menyakiti orang lain dan senantiasa mejaga lisannya dari perkataan yang tidak baik adalah termasuk kedalam golongan orang-orang yang dirindukan surga.

Seperti disebutkan dalam sebuah hadis “wahai Rasulullah ada seorang wanita yang melakukan salat wajib saja, dan hanya bersedekah sepotong keju, namun tidak pernah menyakiti tetangganya, Rasulullah menjawab dia termasuk penghuni surga” ( HR. Bukhori).

Rasulullah bersabda” siapa yang beriman kepada Allah dan hari ahir hendaklah ia berkata baik atau lebih baik diam, dan barang siapa yang beriman maka ia hendaklah memuliakan tetangganya, dan barang siapa beriman kepada Allah hendaklah ia memuliakan tamunya (HR.Bukhori).

3. Orang yang memberi makan kepada orang yang lapar

Termasuk orang yang dirindukan surga, seperti sabda Rasulullah “Siapa yang memberi makan mu’min yang kelaparan, maka pada hari kiamat nanti Allah akan memberi makanan dan buah-buahan di surga nanti” (HR. Tirmidzi).

4. Orang yang berpuasa di Bulan suci ramadan

Orang yang berpuasa termasuk orang yang dirindukan surga, di Bulan suci ramadhan Allah telah menjanjikan ampunan dan pembebasan dari api neraka terutama bagi mereka yang ikhlas menjalankan puasa dan menghidupkan malamnya dengan salat dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.

Rasulullah bersabda” siapa yang berpuasa di bulan ramadhan karena iman dan ikhlas maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR. Bukhori dan Muslim).

Rasulullah bersabda” di surga itu ada delapan pintu diantaranya ada pintu yang dinamakan Ar-rayyan tidak boleh masuk kecuali orang-orang yang berpuasa” (HR.Bukhori).

Betapa indahnya orang-orang yang dirindukan surga, semoga Allah memudahkan kita bisa melaksanakan amalan-amalan tersebut agar termasuk orang yang dirindukan surga.***

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.