Pahala Kejujuran

Pahala Kejujuran
KH Luthfi Bashori

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

Oleh: KH Luthfi Bashori

Hajinews.idRasulullah SAW bersabda: “Bendahara muslim yang jujur, yaitu orang yang memberikan apa yang diperintahkan kepadanya secara lengkap dan penuh serta ia melakukannya dengan senang hati, lalu hal itu diberikannya kepada orang yang dimaksud, maka pahalanya sama dengan orang yang bersedekah.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Bacaan Lainnya

Pahala sedekah itu tidak hanya diperoleh oleh orang yang mengeluarkannya, tetapi diperoleh pula oleh bendahara orang tersebut yang ikut berperan dalam mengeluarkan sedekah.

Selagi bendahara itu menjalankan tugasnya secara jujur, maka ia akan memperoleh pahala seperti pahalanya orang yang bersedekah.

Kejujuran itu termasuk sifat yang sangat terpuji, sudah seharusnya dimiliki oleh setiap muslim. Entah itu muslim yang ahli ilmu, atau muslim kalangan awam, jika memiliki sifat jujur maka akan mendapat kehormatan baik di dunia maupun di akhirat.

Seorang muslim yang tidak jujur, maka kehormatannya akan jatuh baik di hadapan orang lain, apalagi di hadapan Allah SWT. Perilaku ketidak-jujuran yang mengakibatkan kerugian pihak lain, maka termasuk dosa karena melanggar haqqul adami.

Dosa haqqul adami adalah dosa mendzalimi orang lain, bilamana orang yang terdzalimi itu tidak memaafkan, maka Allah pun tidak akan mengampuni si pelaku kedzaliman tersebut.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.